Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah Dengan Bank Konvensional di Indonesia

Authors

  • Molli Wahyuni STIE Bangkinang
  • Ririn Eka Efriza STIE Bangkinang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v1i2.10584

Keywords:

Kinerja Keuangan, Rasio Keuangan, Bank Syariah dan Bank Konvensional

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja keuangan antara perbankan syariah  dan perbankan konvensional periode 2011-2014 di  Indonesia. Populasi pada penelitian ini adalah perbankan yang terdaftar di indonesia, yang berjumlah 12 bank konvensional dan 9 bank syariah, dan pengambilan sampel ditentukan dengan metode purposive sampling, Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Menggunakan uji beda dua rata-rata (independent sample t-test). Parameter yang dugunakan untuk melakukan perbandingan kinerja keuangan perbankan adalah dengan menggunakan rasio keuangan yakni yang meliputi  capital adequacy ratio (CAR),  return on asset (ROA),  return on equity (ROE), non perfoming loans (NPL),  biaya operasional pendapatan operasional (BOPO), loan  to deposit ratio (LDR).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan atau rata-rata rasio yang ada maka terdapat perbedaan yang signifikan antara bank syariah dengan bank konvemsional. Namun secara keseluruhan kinerja perbankkan syariah lebih baik dibanding perbankan konvensional pada periode penelitian.

References

Abustan. 2009. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah dengan Perbankan Konvensional. Jurnal Universitas Gunadarma, Jakarta.

Adhim, Fauzan. 2008. Analisis Perbandingan Perbankan Syariah dengan Perbankan Konvensional. Jurnal FAI-UIKA, Bogor.

Anggraini. 2012. Analisis Perbandingan Perbankan Syariah dengan Perbankan Konvensional.Periode 2002-2011. Skripsi_dipublikasikan..

Kasmir. 2007. Manajemen Perbankan, Edisi Pertama. Raja Grafindo

Persada, Jakarta.

Kuswadi. 2006. Memahami Rasio-Rasio Keuangan Bagi Orang Awam. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Martono dan Darsono Agus Harjito. 2007. Manajemen Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Keenam. Ekonisia, Yogyakarta.

Munawir, S. 2004. Analisis Laporan Keuangan. Edisi ke Empat. Liberty, Yogyakarta.

Prasetyio, Indra (2008), Analisis kinerja Keuangan bank syariah dan bank konvensional di indonesia, jurnal aplikasi manajemen Vol. 6, Agustus 2008.

Sawir, Agnes. 2005. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangann Perusahaan, Cetakan Kelima, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Downloads

Published

2017-07-18

How to Cite

Wahyuni, M., & Efriza, R. E. (2017). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah Dengan Bank Konvensional di Indonesia. International Journal of Social Science and Business, 1(2), 66–74. https://doi.org/10.23887/ijssb.v1i2.10584

Issue

Section

Articles