OPTIMALISASI HUMAN CAPASITY EMPOWERING UNTUK MENINGKATKAN EKSISTENSI SENTRA UKM TENUN IKAT KHAS KEDIRI BERBASIS DATA KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v1i3.11306

Keywords:

Human Capacity Empowering, Job Satisfaction, Organizational Commitment, Turnover Intention, Rope Weaving

Abstract

Permasalah optimalisasi human capasity empowering untuk meningkatkan eksistensi sentra UKM tenun ikat khas kediri berbasis data kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap turnover intention. Tujuan dari penelitian ini (1) Menguji pengaruh parsial dan pengaruh simultan (2) Menghasilkan gambaran Optimalisasi (3) Merancang pengelompokkan karakter. (4) Mendeskripsikan Optimalisasi (5) Menghasilkan referensi empiris Optimalisasi Human Capasity Empowering untuk Meningkatkan Power Full Sentra UKM Tenun Ikat Khas Kediri berdasarkan kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap turnover intention Pengrajin (pemilik dan pekerja) UKM. Metode penelitian dengan teknik pengumpulan dan analisis data. Identifikasi data (jenis dan sumber data), objek penelitian adalah seluruh Pengrajin (pemilik dan pekerja) sentra tenun ikat Kelurahan Bandar Kidul di Kota Kediri. Populasi sebanyak 95 orang. Metode pengumpulan data primer dari hasil kuesioner tertutup dengan skala linkert berdimensi lima selanjutnya dijelaskan dengan statistik deskriptif.  Data primer dari hasil observasi dan wawancara. Sedangkan data sekunder dari dokumen-dokumen berkaitan Tenun Ikat di Sentra Pengrajin Tenun Ikat Bandar Kidul Kediri di Kota Kediri, Dinas Koperasi dan UKM Kota Kediri, Kadin Kota Kediri, Dinas Perdagangan, Pertambangan, dan Energi Kota Kediri dan Biro Pusat Statistik Kota Kediri. Metode analisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian Pola kenyataan memiliki dominan pengaruh karena memiliki pengaruh 60%, sedangkan pola harapan memiliki pengaruh yang kurang dominan yaitu 46%. Sehingga dari dua pola ini perlu dilakukan penelitian dengan mencari variabel lain yang mempengaruhi. Responden  karakter  yang  berbeda  berdampak terhadap variatifnya hasil pengembangan teori tentang  potensi dari variabel X1, X2, dan Y yang digunakan yaitu:  sangat  rendah, rendah, cukup, dan tinggi. Sedangkan yang sangat tinggi tidak ada pada variabel kepuasan kerja (X1), komitmen organisasional (X2) dan turnover intention (Y). Disamping itu tingkat variatif juga dalam hal yang dialami, yaitu kenyataan tinggi, harapan tinggi, dan kenyataan sama dengan harapan. Pengembangan selanjutnya berkenaan Optimalisasi Human Capasity Empowering untuk meningkatkan power full sentra UKM melalui manifestasi 4 kecerdasan, yaitu: kecerdasan spiritual (nurani), kecerdasan fisik (disiplin), kecerdasan emosional (gairah), kecerdasan intelektual (visi).

Author Biography

Erwin Putera Permana, Universitas Nusantara PGRI Kediri

PGSD FKIP UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

References

Griffin, Ricky W dan Ebert, Ronnald J. (2005). Bisnis. Edisi Ketujuh. Jilid 1. Indeks-Kelompok Gramedia. Jakarta.

Kajian Potensi dan Permasalahan serta Pengembangan UMKM Tenun Ikat Kediri. (2009). Kerjasama Bank Indonesia Kediri dengan Yayasan Bina Negeri Kediri.

Murti Sumarni (2011). Pengaruh Employee Retention terhadap Turnover intentions dan Kinerja Karyawan. Journal Akmenika. Volume 8. UPN.

Sardanto, Rino. (2016). Kajian Bisnis Keluarga Tenun Ikat Berbasis KearifanLokal. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis VI. Universitas Tarumanegara. Jakarta. ISBN. No: 2089-1040. Halaman: 210-225.

Siti Nurhasanah dan Titik Amarwati. (2011). Sikap, Nilai, dan Intensi Kewirausahaan. Proceeding Seminar Nasional “Perkuatan UKM sebagai leading sector perekonomian Indonesia. Diesnatalis 47 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang. Malang. ISBN: 978-979-7962-11-1.255-263.

Sumantri, Bambang Agus dan Erwin Putera Permana. (2016). Optimalisasi Human Capasity Empowering untuk Meningkatkan Eksistensi Sentra UKM Islami pada Tenun Ikat Khas Kediri Berbasis Data Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Turnover Intention. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Ekonomi Syariah dalam Pemberdayaan Sektor Riil di Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. ISBN.No. 978-602-748-133-6. Halaman: 338-357.

Sutikno, Raja Bambang. The Power of 4Q for HR and Company Development. (2010). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ulber, Silalahi. (2009). Metode Penelitian Sosial. Cetakan Pertama. Refika Aditama Bandung

Wibowo, Agung Edy. Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian. (2012). Yogyakarta: Gava Media.

Downloads

Published

2017-10-17

How to Cite

Permana, E. P., & Sumantri, B. A. (2017). OPTIMALISASI HUMAN CAPASITY EMPOWERING UNTUK MENINGKATKAN EKSISTENSI SENTRA UKM TENUN IKAT KHAS KEDIRI BERBASIS DATA KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION. International Journal of Social Science and Business, 1(3), 153–165. https://doi.org/10.23887/ijssb.v1i3.11306

Issue

Section

Articles