Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Bangunan dan Promosi Terhadap Minat Beli Perumahan Taman Safira Bondowoso
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i3.16214Keywords:
harga, lokasi, kualitas bangunan, promosi, minat beliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi, kualitas bangunan dan promosi secara parsial terhadap minat beli pada perumahan Taman Safira. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan atau pengguna perumahan Taman Safira. Ukuran sampel ditentukan dengan rumus Slovin, dan diperoleh sampel sebanyak 67 responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukkan bahwa harga, lokasi, kualitas bangunan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukan bahwa 77,9% minat beli dipengaruhi oleh harga, lokasi, kualitas bangunan dan promosi. Sedangkan sisanya sebesar 22,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model.
References
Ali, Muhammad Taufik Rachman. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Rumah. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol.6 No.9. STIESIA: Surabaya
Antyadika, Bonaventura Efrian. 2012. Analisis Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi. Universitas Diponegoro: Semarang
Assauri, Sofyan. 2008. Manajemen Pemasaran, Dasar Konsep Dan Strategi. Raja Grafindo: Jakarta
Kotler, Philip Dan Armstong, Gary. 2006. Marketing Management. Prentice Hall: Newjersey
Marisa, Nisa. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Terhadap Kawasan Perumahan Mustika Plamongan Elok Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia Vol.XII No.3. Semarang
Mbina Pinem .2010.”Pengaruh Sosial Ekonomi Terhadap Kualitas Permukiman Di Kelurahan Sidorejo Kecamatan Medan Tembung Kota Medan”. Dosen Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan. Jurnal Geografi Vo.l 2 No. 2 Agustus 2010.
Memah, Deisita, dkk. 2015. Analisis Strategi Promosi, Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Citraland Manado. Jurnal EMBA. Universitas Sam Ratulangi: Manado
Mulyani, Tri. 2013. Studi Exploratif Tingkat Kepuasan Penghuni Terhadap Kondisi Bangunan Perumahan Ayodya Bersemi 2 Kota Purwodadi Kabupaten Grobogan Proinsi Jawa Tengah. Skripsi. Universitas Negeri Semarang: Semarang
Nurdasila Darsono and Mukhlis Yunus, (2008), Pengaruh Kualitas Bangunan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Penerima Rumah Bantuan: Studi komparatif bantuan ADB dan non-ADB di Banda Aceh.
Prihandoyo, C dkk. 2015. Analisis Pengaruh Harga, Lokasi, Bangunan Dan Lingkungan Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Rumah. Jurnal. Universitas Balikpapan: Balikpapan
Rakhmanita, Ani dan Vidada, Irwin Ananta. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Properti Di Kota Tangerang. Jurnal Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Vol.1. BSI: Jakarta
Resti Meldarianda.2010.”Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Café Atmosphere Bandung”. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2010, Hal. 97 – 108 Vol. 17, No. 2 ( 97 ).
Saidani , Basrah dan Samsul Arifin.2012.”Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market”. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1, 2012 (1).
Santoso, B, 2015, Faktor factor yang mempengaruhi minat beli jasa biro perjalanan wisata ‘HOBI & TRAVEL JEMBER, Jurnal Ilmu manajemen dan Bisnis Vol 1 No,1 UM Jember
Sutianingsih. 2010. Keputusan Konsumen Dalam Membeli Perumahan. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi Vol.1 No.2. STIE Atma Bhakti: Surakarta
Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran Edisi Pertama. Andi Offset:Yogyakarta
Visitnitikija, Chinnaso and Chonphunnon, Asmaporn. 2016. Factors Effecting Consumer Behavior of Buying a Single Housing Estate. IRJAES Vol.2 Issue.1. Kasembundit University: Bangkok