Analisis Strategi Pengembangan Bisnis pada Hotel Banyualit, Buleleng

Authors

  • Santi Melasari Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sujana Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i3.16241

Keywords:

strategi, pengembangan, hoteln

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa (1) aspek internal pada Hotel Banyualit, (2) aspek eksternal pada Hotel Banyualit, dan (3) merancang strategi pengembangan bisnis yang tepat pada Hotel Banyualit. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menganalisis lingkungan internal menggunakan teori Resources Based View, dan lingkungan eksternal menggunakan teori Porter Five Forces, serta rencana pengembangan bisnis menggunakan teori Strategi Generik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) analisa internal pada Hotel Banyualit yaitu analisa tangible assets, analisa intangible assets, analisa organizational capabilities, dan analisa teori VRIN, (2) analisa eksternal pada Hotel Banyualit yaitu ancaman dari pendatang baru, produk pengganti, kekuatan pembeli, kekuatan pemasok, perseteruan perusahaan yang bersaing, (3) strategi pengembangan bisnis yang tepat pada Hotel Banyualit yaitu harus menjalankan pengembangan bisnis dengan strategi diferensiasi, yang mana perusahaan menjadi hotel dengan fasilitas dan pelayanan yang berbeda dari para pesaing.

References

Afridhal, Muhammad. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong Di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal S. Pertanian 1 (3) : 223 – 233

Anugrah, Meutia Febrina. 2015. Alasan Industri Perhotelan Indonesia Tak Pernah Mati. Diakses 19 Agustus 2015

Barney, Jay. 1991. Firm Resources and Sustained Competitive Advantage Journal of Management. Vol.17. No.1

Bateman, Thomas S dan Snell, Scott A. 2004. Management: Building Competitive Advantage (4th ed.). New York: McGraw Hill

Daryanto dan Abdullah. 2013. Pengantar Ilmu Manajemen dan Komunikasi. Jakarta: Prestasi Pustaka

David, F R. 2004. Manajemen Strategis Konsep-Konsep. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

David, Fred R. 2011. Strategic Management: Concepts And Cases (13th ed.). London: Pearson

Departemen Keuangan Republik Indonesia, Asean Free Trade Area (AFTA). Diakses 13 Maret 2015

Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Pearce, John A dan Robinson, Richard B. 2003. Strategic Management: Formulation, Implementation, and Control (8th ed.). New York: McGraw Hill

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supriatna, Soni, Mimin Aminah. 2014. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kopi Luwak (Studi Kasus UMKM Careuh Coffee Rancabali-Ciwidey Bandung). Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol V, No 2.

Susanto, Rendy Indra. 2017. Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Pada Pt. Patrinsaka. AGORA Vol. 5, No. 1

Swares, Eko Swastika, Dhyah Harjanti. 2015. Strategi Pengembangan Bisnis Perusahaan Daerah (Studi Kasus Pada Hotel Dandang Tingang, Palangkaraya). AGORA Vol. 3, No. 2.

Venty Hardiyanti Mas ,M.R Yantu ,Dafina Howara. (2013). Prospek Pengembangan Usaha Pada Industri Rumah Tangga Kacang Telur “Ohara” Kota Palu. E-J. Agrotekbis 1 (1) : 100-108,

Wahyuniarso Tri D S. (2013). Stategi Pengembangan Industri Kecil Keripik Di Dusun Karangbolo Desa Lerep Kabupaten Semarang. Skripsi Ekonomi Pembangunan. Universitas Negeri Semarang

Downloads

Published

2018-12-08

How to Cite

Melasari, S., & Sujana, I. N. (2018). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis pada Hotel Banyualit, Buleleng. International Journal of Social Science and Business, 2(3), 176–184. https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i3.16241

Issue

Section

Articles