Analisis Strategi Pengembangan Bisnis pada Hotel Banyualit, Buleleng
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i3.16241Keywords:
strategi, pengembangan, hotelnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa (1) aspek internal pada Hotel Banyualit, (2) aspek eksternal pada Hotel Banyualit, dan (3) merancang strategi pengembangan bisnis yang tepat pada Hotel Banyualit. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menganalisis lingkungan internal menggunakan teori Resources Based View, dan lingkungan eksternal menggunakan teori Porter Five Forces, serta rencana pengembangan bisnis menggunakan teori Strategi Generik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) analisa internal pada Hotel Banyualit yaitu analisa tangible assets, analisa intangible assets, analisa organizational capabilities, dan analisa teori VRIN, (2) analisa eksternal pada Hotel Banyualit yaitu ancaman dari pendatang baru, produk pengganti, kekuatan pembeli, kekuatan pemasok, perseteruan perusahaan yang bersaing, (3) strategi pengembangan bisnis yang tepat pada Hotel Banyualit yaitu harus menjalankan pengembangan bisnis dengan strategi diferensiasi, yang mana perusahaan menjadi hotel dengan fasilitas dan pelayanan yang berbeda dari para pesaing.References
Afridhal, Muhammad. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong Di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal S. Pertanian 1 (3) : 223 – 233
Anugrah, Meutia Febrina. 2015. Alasan Industri Perhotelan Indonesia Tak Pernah Mati. Diakses 19 Agustus 2015
Barney, Jay. 1991. Firm Resources and Sustained Competitive Advantage Journal of Management. Vol.17. No.1
Bateman, Thomas S dan Snell, Scott A. 2004. Management: Building Competitive Advantage (4th ed.). New York: McGraw Hill
Daryanto dan Abdullah. 2013. Pengantar Ilmu Manajemen dan Komunikasi. Jakarta: Prestasi Pustaka
David, F R. 2004. Manajemen Strategis Konsep-Konsep. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.
David, Fred R. 2011. Strategic Management: Concepts And Cases (13th ed.). London: Pearson
Departemen Keuangan Republik Indonesia, Asean Free Trade Area (AFTA). Diakses 13 Maret 2015
Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara
Pearce, John A dan Robinson, Richard B. 2003. Strategic Management: Formulation, Implementation, and Control (8th ed.). New York: McGraw Hill
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supriatna, Soni, Mimin Aminah. 2014. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kopi Luwak (Studi Kasus UMKM Careuh Coffee Rancabali-Ciwidey Bandung). Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol V, No 2.
Susanto, Rendy Indra. 2017. Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Pada Pt. Patrinsaka. AGORA Vol. 5, No. 1
Swares, Eko Swastika, Dhyah Harjanti. 2015. Strategi Pengembangan Bisnis Perusahaan Daerah (Studi Kasus Pada Hotel Dandang Tingang, Palangkaraya). AGORA Vol. 3, No. 2.
Venty Hardiyanti Mas ,M.R Yantu ,Dafina Howara. (2013). Prospek Pengembangan Usaha Pada Industri Rumah Tangga Kacang Telur “Ohara” Kota Palu. E-J. Agrotekbis 1 (1) : 100-108,
Wahyuniarso Tri D S. (2013). Stategi Pengembangan Industri Kecil Keripik Di Dusun Karangbolo Desa Lerep Kabupaten Semarang. Skripsi Ekonomi Pembangunan. Universitas Negeri Semarang