Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Pabrik Beras Sukoreno Makmur Jember

Authors

  • Riski Wahyudi Universitas Muhammadiyah Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Moh Halim Universitas Muhammadiyah Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Rendy Mirwan Aspirandi Universitas Muhammadiyah Jember, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i4.16324

Keywords:

System informasi akuntansi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang perancangan sistem informasi akuntansi persediaan pabrik beras Sukoreno Makmur Jember. Jenis penilitian yang di lakukan adalah penelitian interpreatif dengan ilustratif case study yaitu menggambarkan sesuatu hal sehingga seseorang mampu memahaminya dan data hasil penelitian lebih berkenan dengan interpretasi terhadap data yang di temukan di lapangan. Penilitian ini menguraikan tentang sifat-sifat, karakteristik, dan keadaan yang sebenarnya dari objek penilitian yaitu dengan mengumpulkan data, mencari fakta, kemudian menjelaskan dan menganalisis data dengan cara pengumpulan data penyusustan data, selanjutnya diinterprestasikan dan di rancangkan  berdasarkan landasan teori yang ada. Ada empat teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Teknik wawancara, Teknik dokumentasi, Teknik Observasi, Teknik kepustakaan.  Adapun informasi dalam penelitian ini di dapat dari sumber yang meliputi sebagai berikut: Staff dan karyawan bagian Produksi, Staff dan karyawan bagian Gudang, Staff dan karyawan bagian Administrasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Pabrik Beras Sukoreno Makmur Jember belum menerapkan Sistem Informasi akuntansi Persedian secara konseptual yang sesuai dengan Sistem Informasi Akuntansi Persedian

References

Baridwan,Zaki. 2000. “Intermediate Accounting”. Edisi kedelapan Yogyakarta :BPFE Yogyakarta.

Daud , Rochmawati. 2014.”Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dan Penerimaan Kas Berbasis Komputer Pada Perusahaan Kecil (Studi Kasus Pada Pt. Trust Technology). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya Vol.12 No.1 Maret 2014

Handoko,T.H. 1991. “Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi”. Jakarta: BPFE Yogyakarta.

Hertanto Adi Hermawan. 2015 “ Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang Dagang Pada UMKM Treant Skateshop Semarang”.

Heryanto Adi Hermawan Haryanto. 2015 “Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Persedian Barang Dagang Pada UMKM Treant Skateshop Semarang”.

Mariena, Sukmawati dan Hanura Ian. 2011 “Sistem Informasi Akuntansi Penjualan pada PT (Studi Kasus Pada PT.Afixkogyo Indonesia) Jurnal PA Sistem Informasi Akuntansi Penjualan, Bandung.

Mulyadi. 2001 “Sistem Akuntansi.” Edisi ketiga. Jakarta: Salemba Empat,

Nurmailiza, Tengku. 2009. “Analisis Pengendalian Intern Atas Persediaan Barang Dagangan pada PT. Sabda Cipta Jaya.” Skripsi. Medan: Universitas Sumatra Utara.

Radiani, Dian. 2004 “ Peranan Pengendalian Intern Persedian Barang Dagangan Dalam Menunjang Efektivitas Pengelolaan Persediaan Barang Dagangan ( studi kasus pada toserba Yogya Garut ). Skripsi, Program Sarjana Universitas Widyatama.

Setiawan, Chandra. 1994. “Pengantar Akuntansi 1”.Yogyakarta : Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta.

Shanty. 2010 “Analisis Aktivitas Pengendalian Intern Pada PT. Cemara Cahaya Gemlang. Jurnal Akuntansi, Universitas Diponegoro Semarang.

Sri Luayyi. 2013“Evaluasi Sistem pengendalian Intern Persediaan Bahan Baku Untuk Memperlancar Proses Produksi ( Studi Kasus Pada PR. KN Jaya Sentosa Kediri)”.

Widjayanto, Nugroho. 2004. “Sistem Informasi Akuntansi”.

Downloads

Published

2018-12-19

How to Cite

Wahyudi, R., Halim, M., & Aspirandi, R. M. (2018). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Pabrik Beras Sukoreno Makmur Jember. International Journal of Social Science and Business, 2(4), 191–196. https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i4.16324

Issue

Section

Articles