Pengaruh Indikator Kinerja Ekonomi, Indikator Kinerja Lingkungan dan Indikator Kinerja Sosial terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur

Authors

  • Rima Dewi Nawangsari Fakultas Ekonomikas dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Paskah Ika Nugroho Fakultas Ekonomikas dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i2.17644

Keywords:

Indikator Kinerja CSR, Profitabilitas, CV. Suien Insan Persada

Abstract

Berdasarkan standar GRI G.4, item-item pelaksanaan CSR terbagi menjadi tiga fokus utama, yaitu indikator kinerja ekonomi, indikator kinerja lingkungan dan indikator kinerja sosial. CV. Suien Insan Persada merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang manufaktur, sehingga perusahaan diwajibkan untuk melaksanakan indikator kinerja CSR. Dalam pelaksanaannya CV. Suien Insan Persada tetap memperhatikan tingkat profitabilitas yang diperoleh. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh pelaksanaan indikator kinerja CSR terhadap tingkat profitabilitas. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap CV. Suien Insan Persada sebagai dasar pertimbangan dalam pelaksanaan CSR yang berkaitan dengan tingkat profitabilitas. Penelitian ini mendeskripsikan fakta yang terjadi di lapangan dan didukung dengan wawancara dengan pemilik serta data mengenai tingkat persentase kenaikan profit. Dengan demikian maka hasil dari penelitian ini yaitu pelaksanaan indikator kinerja CSR memberikan pengaruh terhadap peningkatan profit, terutama indikator kinerja lingkungan. Meskipun dari 91 indikator kinerja yang ada belum seluruhnya dilaksanakan oleh CV. Suien Insan Persada.

References

Afriyanti, M. (2011). Analisis Pengaruh Current Ratio, Total Asset Turnover, Debt To Equity Ratio, Sales and Size terhadap ROA (Return On Asset). Jurnal Universitas Diponegoro.

Almilia, L. S., & Wijayanto, D. (2007). Pengaruh Environmental Performance dan Environmental Disclosure terhadap Economic Performance. Proceedings The 1st Accounting Conference Depok, 1-23.

Anggraini, F. R. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang terdaftar Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi IX, Padang.

Awuy, Vinta Paulinda, Yosefa Sayekti, dan Indah Purnamawati. 2016. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) (Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2010-2013). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 18, No. 1 Hal. 15-26. http://jurnalakuntansi.petra.ac.id/index.php/ . Diakses 28 Mei 2019.

Florence. (2004). Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Sosial dalam Laporan Tahunan Perusahaan Go Public di Indonesia. Jurnal Ekonomi Undip.

Haholongan, Rutinaias. 2016. Kinerja Lingkungan dan Kinerja Ekonomi Perusahaan Manufaktur Go Public. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 19 No. 3 Hal. 413-423. http://ejournal.uksw.edu/jeb/article/view/477. Diakses 28 Mei 2019.

Irawati, S. (2006). Manajemen Keuangan. Bandung: Pustaka.

Kristina, Helda. 2016. Peranan Corporate Social Responsibility (CSR) PT.Teguh Sinarabadi dalam Pembangunan di Kampung Muara Bunyut Kecamatan Melak Kabupaten Kutai. eJournal Administrasi Negara Vol. 4 No. 3 Hal. 4212 – 4224. https://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/. Diakses 28 Mei 2019.

Rahman, R. (2009). Corporate Social Responsibility Antar Teori dan Kenyataan. Jakarta: Buku Kita.

Rimba, K. (2010). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Sembiring, E. R. (2006). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. SNA VIII Solo, 379-395.

Septiani, A. K., & Widayanto. (2016). Aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) dan Publisitas Media: Dampaknya terhadap Citra Perusahaan dan Minat Beli (Studi Kasus: Konsumen Aqua Kelas Menengah ke Atas di Kota Semarang). 1-12.

Sitorus, G. C., & Mangonting, Y. (2014). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profit Perusahaan Consumer Goods di Indonesia Tahun 2010 - 2012. TAX & ACCOUNTING REVIEW, VOL. 4.

Suhayati, Ely. 2011. Penerapan Corporate Social Responsibility untuk Meningkatkan Citra Universitas. Majalah Ilmiah UNIKOM Vol.7 No. 2 Hal. 157-166. https://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/. Diakses 28 Mei 2019.

Sumedi. (2010). Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Regulasi Pemerintah Terhadap Pengungkapan CSR pada Laporan Tahunan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Undip.

Suratno, I. N., & Mutmainah, S. (2006). Pengaruh Environmental Performance terhadap Environmental Disclosure dan Economic Performance. SIMPOSIUM NASIONAL AKUNTANSI 9 PADANG.

Tjahjono, Mazda Eko Sri. 2013. Pengaruh Kinerja Lingkungan terhadap Nilai Perusahaan dan Kinerja Keuangan. Jurnal Ekonomi, Vol. 4 No. 1 Hal. 38-46. https://media.neliti.com/media/publications/. Diakses 28 Mei 2019.

Undang-Undang No 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas Pasal 74 Ayat 1a. (2007).

Wahidahwati. (2002). Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional pada Kebijakan Hutang Perusahaan: Sebuah Perspektif Theory Agency. Jurnal Riset Akuntansi, 35-63.

Downloads

How to Cite

Nawangsari, R. D., & Ika Nugroho, P. (2019). Pengaruh Indikator Kinerja Ekonomi, Indikator Kinerja Lingkungan dan Indikator Kinerja Sosial terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur. International Journal of Social Science and Business, 3(2), 162–168. https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i2.17644

Issue

Section

Articles