Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM Berbasis SAK EMKM

Authors

  • Rizky Aminatul Mutiah Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Jember, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i3.21000

Keywords:

UMKM, Laporan Keuangan, SAK EMKM

Abstract

Laporan keuangan hanyalah informasi tentang keuangan di perusahaan yang dapat digunakan untuk melihat kondisi perusahaan dan menilai kinerja perusahaan dalam periode tertentu. Dalam siklus akuntansi satu periode dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan harian, mingguan, bulanan, triwulanan, empat bulan, enam bulan, atau setahun sekali. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan pemain UMKM dalam menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan standar yang telah berlaku pada 1 Januari 2018. Penelitian ini diperlihatkan kepada UMKM Silky Parijatah yang belum menyusun laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang merupakan studi kasus. untuk pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kendala yang terjadi pada UMKM Silky parijatah dan untuk menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar EMKM IFRS yang berlaku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM memiliki masalah dalam menyusun laporan keuangan, yaitu terbatasnya pemikiran tentang mengelola laporan keuangan dan terbatasnya jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak memadai dalam menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan berdasarkan EMKM SAK, yaitu Laporan Posisi Keuangan, Laporan Laba Rugi, dan Catatan atas Laporan Keuangan.

References

Agus Martowardoyo, 2013, Talkshow Klaster Unggulan dan Dimensi Pola Pembiayaan UMKM di Gedung Bank Indonesia, Jakarta , diunduh tanggal 2 Oktober 2014.

Amani, T. (2018). Penerapan SAK-EMKM Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan UMKM. ASSETS: Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan dan Pajak, 2(2), 12-30.

Anak, Suryo. 2006. Akuntansi Untuk UKM: Metode Akuntansi Praktis dan Sederhana untuk UMK. Media Pressindo, Yogyakarta.

Arliman S, Laurensius. 2017. Perlindungan Hukum Umkm dari Eksploitasi Ekonomi dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (UMKM Legal Protecton from Economic Exploitaton to Improve Social Welfare). Jurnal RechtsVinding, Vol. 6 No. 3, Hal. 387–402. Tersedia Pada : https://rechtsvinding.bphn.go.id/artikel/05%20Laurensius%20Arliman.pdf.

Bachtiar Rifa’i. 2013. Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan jabon Kabupaten Sidoarjo, Kebijakan dan Manajemen Publik Volume 1 nomor 1 Januari 2013 , hal 130- 136.

Bahri, Syaiful. 2016. Pengantar Akuntansi Berdasarkan SAK ETAP dan IFRS. Yogyakarta : CV. ANDI OFFSET.

Hariyono. (2010). Perencanaan Pembangunan Kota dan Perubahan Paradigma. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Kieso dkk. 2007. Pengantar Akuntansi (Buku 2). Edisi 7. Salemba Empat, Jakarta.

Ningtyas, J. D. A., Si, M., & Pusmanu, P. (2017). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK-EMKM)(Study Kasus Di UMKM Bintang Malam Pekalongan). Politeknik Pusmanu.

Putra, Adnan Husada. 2016. Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi Vol. 5 No. 2 Hal. 40-52. Tersedia Pada : https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/view/18162.

Rahma, A. (2013). Panduan Akuntansi dan Perpajakan. Cetakan Pertama, Transmedia Pustaka, Jakarta.

Ramayani, C., Arza, F. I., & Leries, F. V. Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas tanpa Akuntabilitas Publik (Sak Etap)(Studi Kasus pada CV. Citra Pandion Bernas di Kabupaten Solok). Pendidikan Ekonomi, 2(2).

Riswan. 2014. Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar dalam Penilaian Kinerja Keuangan PT. Budi Satria Wahana Motor. Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol. 5, No. 1, Hal. 93-121. Tersedia Pada : http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/jak/article/view/449.

Shonhadji, N., & Djuwito, D. (2017, October). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil Menengah Berdasarkan Sak Emkm Di Surabaya. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 130-136).

Suci, Yuli Rahmini. 2017. Perkembangan Umkm (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Vol. 6 No. 1 Hal. 51-58. Tersedia Pada : http://e-journal.upp.ac.id/index.php/Cano/article/view/1239.

Sudaryanto. 2011. The Need for ICT- Education for Manager or Agribusinessman to Increasing Farm Income : Study of Factor Influences on Computer Adoption in East Java Farm Agribusiness. International Journal of Ed ucation and Development, JEDICT, Vol 7 No 1 halm. 56 – 67.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sulistyo. 2010. Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah dengan Basis Ekonomi Kerakyatan di Kabupaten Malang. Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 6, No. 1, Hal. 58-73. Tersedia Pada : http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/download/31/626/.

Suryana. 2012. Ekonomi Pembangunan (Problematika dan Pendekatan). Selemba Empat, Jakarta

Suryantara, I. G. N., Kom, S., & Kom, M. (2017). Merancang Aplikasi dengan Metodologi Extreme Programming. Elex Media Komputindo.

Tatik, T. (2018). Implementasi SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah) Pada Laporan Keuangan UMKM (Studi Kasus Pada UMKM XYZ Yogyakarta). Jurnal relasi stie mandala jember, 14(2), 1-14.

Downloads

How to Cite

Mutiah, R. A. (2019). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM Berbasis SAK EMKM. International Journal of Social Science and Business, 3(3), 223–229. https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i3.21000

Issue

Section

Articles