Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi pada Pabrik Tahu Kurma di Kabupaten Bondowoso

Main Article Content

Trianita Sari

Abstract

Menganalisis penentuan harga pokok produk perlu di ketahui biaya produksi yang terjadi berkaitan langsung dengan proses produksi. Harga pokok produksi merupakan keseluruhan biaya produksi yang terserap ke dalam setiap unit produk yang dihasilakan perusahaan. Secara umum biaya produksi dibagi menjadi tiga elemen yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overheadpabrik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara perhitungan harga pokok produksi yang dilakukan oleh PABRIK TAHU KURMA selama ini dengan perhitungan menggunakan metode full costing dan pengaruhnya terhadap laba yang akan diperoleh perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menujukkan bahwa perhitungan harga pokok produk pesanan perusahaan dengan perhitungan harga pokok produk dengan menggunakan metode full costing terdapat selisih harga pokok produk, selisih tersebut disebabkan karena perusahaan belum menentukan dasar tariff pembebanan biaya overhead pabrik dan perusahaan juga belim membebankan biaya listrik dan telepon kedalam harga pokok pesanan. Dimana harga pokok pesanan menurut perusahaan lebih kecil dibandingkan dengan metode full costing

Article Details

Section
Articles

References

Garrison, Ray H and Eric W. Noreen. 2000. Akuntansi Manajerial. Terjemahan A. Totok Budisantoso, SE., Akt. Jakarta: Salemba Empat.

Hanggana, Sri, 2008. Modul Akuntansi Biaya. Universita Sebelas Maret Surakarta. Surakarta.

Firdaus Ahmad. 2009. Akuntansi Biaya. Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta. Hansen,

Don R and Maryanne M. Mowen. 2000. Akuntansi Manajemen jilid 2. Alih Bahasa Ancekka A. Hermawan, Jakarta: Erlangga.

Hongres, Charles T .,Srikant M. Datar and George Foster. 2006. Akuntansi Biaya, Penekanan Manajerial. Edisi Keduabelas, jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Mardiasmo. 2003. Perpajakan, Edisi Revisi. Yogyakarta: ANDI.

Mulyadi. 2010. Akuntansi Biaya, Edisi 5. Unit Penerbit dan Percetakan YKPN, Yogyakarta.

Soemarso. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar, Edisi 5 Revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Subiyanto, ibnu. 1998. Akuntansi Biaya Penentuan Harga Pokok Produk Dengan Metode Proses. Yogyakarta: STIE YKPN

Suwardjono. 2003. Akuntansi Pengantar Bagian I, Edisi ke-3, Cetakan ke-2. Yogyakarta: BPFE.

Wahyuningsih, Nanik Dwi. 2004. Evaluasi Terhadap Pengenaan Harga Jual Air Di PDAM Klaten. Skripsi S1. Program Sarjana. Universitas Sebelas Maret. Tidak Dipublikasikan.