Gambaran Kepuasan Kerja Staff Pamong Asrama SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Salatiga

Authors

  • Dena Putri Andrianty Universitas Kristen Satya Wacana
  • Johnson Dongoran Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i4.21498

Keywords:

Asrama Yayasan Tunas Harapan, Kepuasan Kerja

Abstract

Jenis penilitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan kerja staff pamong asrama Yayasan Tunas Harapan Salatiga.Metode yang digunakan yaitu saturation sampling.Subjek dalam penilitian ini adalah seluruh staff pamong asrama yang berjumlah 18 orang.Data diperoleh melalui wawancara, catatan lapangan serta data dianalisis denan meggunakan distribusi frekuensi.Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa staff pamong asrama dalam kategori faktor lingkungan sudah merasa puas dengan lingkungan yang ada di asrama.Untuk kategori ketentraman pamong merasa cukup puas yang artinya ketentraman yang ada sudah membuat mereka nyaman.  Untuk kategori gaji pamong merasa sangat kurang puas karena menurut mereka gaji yang diberikan masih jauh dari UMR kota Salatiga.Dalam kategori fasilitas pamong merasa kurang puas karena ada beberapa fasilitas yang belum memadai. Berdasarkan kategori interaksi sesama rekan kerja pamong mengatakan puas dan cukup puas dengan jumlah yang sama artinya pamong tidak merasa ada masalah dengan rekan kerja mereka. Yang terakhir untuk kategori interaksi dengan atasan pamong merasa cukup puas yang artinya komunikasi antara atasan dan bawahan sudah cukup terjalin dengan baik.

References

A. M., Eliza, & S. T. (2017). ANALISIS KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT PERKEBUNAN NUSANTARA V KEBUN SEI ROKAN KECAMATAN PAGARANTAPAH DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU. Jurnal Agribisni.

As'Ad, Mohamad. (2004). Psikologi Industri.Liberty: Yogyakarta.

Dahmiri, & M. I. (2012). Analisis Kepuasan Kerja Pegawai Pada Universitas Jambi Kampus Sarolangun . Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora , 83-92.

Davis, K., & Frederik, W. (2011). Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Edisi ke tujuh Jilid kedua.

Gibson, J. L., Ivancevich, John, M., & Jr, J. D. (2003). Perilaku Struktur dan Proses. Jakarta: Erlangga.

H. I., & Handoyo, D. S. (2013). Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Motivasi Kerja Pada Karyawan Bank BTPN Madiun. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 100-104.

Hariandja, M. T. (2002). Pengadaan, pengembangan, Pengkopensasian dan Peningkatan Produktivitas Pegawai. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Hasibuan. (2014). Manajemen: dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, Bumi Aksara.

Juriansyah, Noor;. (2013). Penelitian Ilmu Manajemen, Tinjauan Filosofis dan Praktis. Jakarta:Kencana: cetakan ke-1.

Kartika , e. w., & S.Kaihatu, t. (2010). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus pada Karyawan Restoran di Pakuwon Food Festival Surabaya). JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 12(1), 100-112.

Koesmono, T. (2005). Pengaruh Kempemimpinan, Motivasi, Pelatihan dan Lingkungan Kerja pada kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surakarta. 79-92.

L. P., Pranoto, B. S., & Purba, H. H. (tanpa tahun). ANALISIS KEPUASAN KERJA KARYAWAN BERDASARKAN HUMAN RESOURCE INDEX (HRI). Jurnal Teknik Industri, 215-221.

Lewa dan Subowo. (2005). Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli. Retrieved from infodanpengertian.com: http://www.infodanpengertian.com/2016/01/pengertian-lingkungan-kerja-menurut.html.

Melani, T., & Suhaji. (tanpa tahun). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja (Studi pada Karyawan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi”YAYASAN PHARMASI” Semarang).

Muayyad, D. M., & Gawi, A. O. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Bank Syariah X Kantor Wilayah II . Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa .

Mulyad i. (2001). Sistem Akuntansi. Edisi Ketiga, 377.

Nasution, E. H., Musnadi, S., & Faisal. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Aceh . Jurnal Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah, 123-134.

Nasution, Y. (2012). Kepuasan Kerja Karyawan Pada Cv. Mitra Boga Tama . Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi , 107-115.

Robbins, S. P. (2002). Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi.Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2005). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Kencana.

T. K. (2005). Pengaruh Kempemimpinan, Motivasi, Pelatihan dan Lingkungan Kerja pada kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surakarta. 79-92.

Y. N. (2012). KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA CV. MITRA BOGA TAMA . Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi , 107-115.

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Andrianty, D. P., & Dongoran, J. (2019). Gambaran Kepuasan Kerja Staff Pamong Asrama SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Salatiga. International Journal of Social Science and Business, 3(4), 403–414. https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i4.21498

Issue

Section

Articles