Pengaruh Program UEFA Champions League di Orange TV terhadap Minat Menonton
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i1.24065Keywords:
Program UEFA Champions League, Minat menonton, Komunitas Pena (Penya) Real Madrid de Indonesia Regional JakartaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh program UEFA Champions League di Orange TV terhadap minat menonton. Studi ini mengambil sampel pada sebuah komunitas suporter tim sepakbola yang ada di Indonesia, tepatnya komunitas Pena (Penya) Real Madrid de Indonesia Regional Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dimana data penelitian berupa angka yang kemudian disusun menjadi sebuah pernyataan dan kesimpulan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner tertutup yang sebelumnya diuji dengan uji normalitas. Kuisioner diberikan kepada 60 sampel dari populasi yang dipilih. Kemudian respon dari kuesioner diolah dan diuji menggunakan Analisa Korelasi (Pearson Correlation) dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program UEFA Champions League di Orange TV secara keseluruhan berpengaruh secara signifikan sebesar 65,2% terhadap minat menonton komunitas Pena (Penya) Real Madrid de Indonesia Regional Jakarta dan sisanya sebesar 34,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
References
Bungin, Burhan. (2011). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group
Cangara, Hafied H. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Susilana, Rudi & Cepi Riyana. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prim
Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Djamal, Hidajanto dan Andi Fachruddin. (2013). Dasar-Dasar Penyiaran (Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Rahman, Agus Abdul. (2013). Psikologi Sosial (Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik). Jakarta: Rajagrafindo Persada
Baksin, Askurifai. (2009). Jurnalistik Televisi: Teori dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Harahap, Edi dan H. Syarwani Ahmad. (2014). Komunikasi Antar Pribadi (Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan). Jakarta: Rajagrafindo Persada
Ma’u, Mellius dan J. Santoso. (2014). Teknik Dasar Bermain Sepak Bola. Yogyakarta: Cakrawala
Nugroho, Untung. (2015). Langkah Sukses Menjadi Pemimpin Melalui Media Olahraga. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung
Sastra, Iwel. (2016). Inspirasi Sukses Dari Sepak Bola. Jakarta: Gemilang
TW, Gheeto. (2013). GOL! Memahami Kesuksesan Dari Kacamata Sepakbola. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta
Mulyana, Deddy. (2014). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Siregar, Syofian. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Prenada Media Group.