Pengaruh Program UEFA Champions League di Orange TV terhadap Minat Menonton

Authors

  • Andhika Andhika Pascasarjana Ilmu Komunikasi, London School of Public Relations Jakarta
  • Mohammad Fahmi Pascasarjana Ilmu Komunikasi, London School of Public Relations Jakarta
  • Rodji Adjid Pascasarjana Ilmu Komunikasi, London School of Public Relations Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i1.24065

Keywords:

Program UEFA Champions League, Minat menonton, Komunitas Pena (Penya) Real Madrid de Indonesia Regional Jakarta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh program UEFA Champions League di Orange TV terhadap minat menonton. Studi ini mengambil sampel pada sebuah komunitas suporter tim sepakbola yang ada di Indonesia, tepatnya komunitas Pena (Penya) Real Madrid de Indonesia Regional Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dimana data penelitian berupa angka yang kemudian disusun menjadi sebuah pernyataan dan kesimpulan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner tertutup yang sebelumnya diuji dengan uji normalitas. Kuisioner diberikan kepada 60 sampel dari populasi yang dipilih. Kemudian respon dari kuesioner diolah dan diuji menggunakan Analisa Korelasi (Pearson Correlation) dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program UEFA Champions League di Orange TV secara keseluruhan berpengaruh secara signifikan sebesar 65,2% terhadap minat menonton komunitas Pena (Penya) Real Madrid de Indonesia Regional Jakarta dan sisanya sebesar 34,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Bungin, Burhan. (2011). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group

Cangara, Hafied H. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Susilana, Rudi & Cepi Riyana. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prim

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Djamal, Hidajanto dan Andi Fachruddin. (2013). Dasar-Dasar Penyiaran (Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Rahman, Agus Abdul. (2013). Psikologi Sosial (Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik). Jakarta: Rajagrafindo Persada

Baksin, Askurifai. (2009). Jurnalistik Televisi: Teori dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Harahap, Edi dan H. Syarwani Ahmad. (2014). Komunikasi Antar Pribadi (Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan). Jakarta: Rajagrafindo Persada

Ma’u, Mellius dan J. Santoso. (2014). Teknik Dasar Bermain Sepak Bola. Yogyakarta: Cakrawala

Nugroho, Untung. (2015). Langkah Sukses Menjadi Pemimpin Melalui Media Olahraga. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung

Sastra, Iwel. (2016). Inspirasi Sukses Dari Sepak Bola. Jakarta: Gemilang

TW, Gheeto. (2013). GOL! Memahami Kesuksesan Dari Kacamata Sepakbola. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta

Mulyana, Deddy. (2014). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Siregar, Syofian. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2020-04-21

How to Cite

Andhika, A., Fahmi, M., & Adjid, R. (2020). Pengaruh Program UEFA Champions League di Orange TV terhadap Minat Menonton. International Journal of Social Science and Business, 4(1), 25–31. https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i1.24065

Issue

Section

Articles