Anteseden Perilaku Konsumtif Generasi Milenial: Peran Gender sebagai Pemoderasi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i2.24139

Keywords:

Literasi Keuangan, Mental Accounting, Gender, Perilaku Konsumtif

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan mental accounting terhadap perilaku konsumtif generasi milenial dengan gender sebagai pemoderasi. Penelitian dilakukan di Kota Salatiga dengan sampel 100 responden. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan karyawan di Salatiga yang lahir pada tahun 1980 sampai 1999. Jenis sampling menggunakan purposive sampling dan pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara langsung maupun online. Data yang terkumpul diolah dengan teknik Moderated Regression Analysis (MRA). Studi ini menemukan bahwa literasi keuangan berpengaruh negatif terhadap perilaku konsumtif, mental accounting berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif, dan gender memoderasi pengaruh antara literasi keuangan dan mental accounting terhadap perilaku konsumtif.

Author Biographies

Siti Mubarokah, Universitas Kristen Satya Wacana

Departemen Manajemen

Maria Rio Rita, Satya Wacana Christian University

Departemen Manajemen

References

Alexander, R., & Pamungkas, A. S. (2013). pengaruh pengetahuan keuangan, lokus pengendalian dan pendapatan terhadap perilaku keuangan. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 157–164.

Bank, W. (2013). Keterlibatan Sektor Keuangan, Pengentasan Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi. Retrieved from http://web.worldbank.org/archive/website01363/WEB/0__-8179.HTM

Budiati, I., Susianto, Y., Adi, W. P., Ayuni, S., Reagan, H. A., Larasaty, P., … Saputri, V. G. (2018). statistik gender tematik: profil generasi milenial Indonesia 2018. jakarta: kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dengan badan pusat statistik.

Dalkilic, N., & Kirkbesoglu, E. (2015). The Role of Financial Literacy on the Development of Insurance Awareness. International Journal of Economics and Finance, 7(8). https://doi.org/10.5539/ijef.v7n8p272

Dikria, O. (2016). Pengaruh literasi keuangan dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan fakultas ekonomi universitas negeri malang angkatan 2013. 09(2), 128–139. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.17977/UM014v09i22016p128

Fattah, F. A., Indriayu, M., & Sunarto. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi (BISE), 5(2), 11–21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10 .20961/bise.v4i1.20 028

Gupta, S., & Hee, W. K. (2010). Understanding the Acceptance of Mobile SMS Advertising among Young Chinese Consumers. Psychology & Marketing, 30(6), 461–469. https://doi.org/10.1002/mar

Imawati, I., & All, E. (2013). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja pada Program IPS SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jupe UNS, 2 No.1(1), 48–58. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kirana, I. D. A. I., & Yasa, N. N. K. Y. (2013). peran jenis kelamin dalam memoderasi pengaruh perceived benefit dan perceived cost terhadap niat menggunakan kartu kredit di kota denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 2(11), 1418–1433.

Kompas. (2018). 80 Persen Konsumen Belanja Online Orang Muda dan Wanita (p. 1). p. 1. Retrieved from https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/22/155001820/80-persen-konsumen-belanja-online-orang-muda-dan-wanita?page=all.

Lina, & Rosyid, H. F. (2008). perilaku konsumtif berdasar locus of control pada remaja putri. Psikologika, 4, 5–13.

Luhsasi, D. I., & Sadjiarto, A. (2019). Penerapan Mental Accounting Dalam Edukasi Pengelolaan Keuangan Tim Basket SWS. Jurnal Profesi Pendidik, 5(May 2018).

Lusardi, Anamaria, & Mitchell, O. S. (2014). Emotional reactions of relatives to schizophrenic patients in Lagos, Nigeria. The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence, 52(1), 5–44.

Lusardi, Annamaria, Mitchell, O. S., & Curto, V. (2010). Financial Literacy Among the Young: Evidence and Implications. Financial Lteracy among the Young Evidence Implications for Consumers Policy, 358–380. Retrieved from https://www.nber.org/papers/w15352.pdf

Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jmk, 17(1), 76–85. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76

Marketers. (2018). Generasi Milenial Masih Pembelanja Online Terbesar di Indonesia. p. 1. Retrieved from https://marketeers.com/generasi-milenial-masih-pembelanja-online-terbesar-di-indonesia/

Maulana, M. A. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan, Pengendalian Diri, dan Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif. Invensi, 3(1), 33–44. https://doi.org/10.24821/invensi.v3i1.2105

Mottola, G. R. (2014). The Financial Capability of Young Adults — A Generational View. FINRA Foundation Financial Capability Insights, March(March), 1–12.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2017). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jakarta Erlangga, 1(1), 31–42.

Prihastuty, D. R., & Rahayuningsih, S. (2018). Pengaruh Financial Literacy, Financial Behavior, Financial Attitude, Dan Demografi Terhadap Perilaku Konsumtif ( Studi Pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ). Hasil Penelitian LPPM Untag Surabaya, 03(02), 121–134.

Putri, N. A., & Lestari, D. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Tenaga Kerja Muda di Jakarta. AKURASI: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.36407/akurasi.v1i1.61

Rasyid, R. (2012). analisis tingkat literasi keuangan mahasiswa program studi manajemen fakultas ekonomi universitas negeri padangا. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 7(September), 1–25.

Robb, C. A., & Sharpe, D. L. (2009). Gender. Association for Financial and Planning Education, 20(1), 25–43.

Santi, F., Sahara, N. V., & Kamaludin. (2019). the Effect of Mental Accounting on Student’S Investment Decisions: a Study At Investment Gallery (Gi) Feb University of Bengkulu and Syariah Investment Gallery (Gis) Feb Iain Bengkulu. Journal of Business Economics, 24(2), 152–167. https://doi.org/10.35760/eb.2019.v24i2.1907

Sisputro, A. A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian diri terhadap Perilaku Konsumtif mahasiswa akuntansi Universitas Ciputra. Journal of Marketing Research, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Suratman. (2013). Pengaruh Mental Accounting, Power Prestige, dan Retention Time terhadap Perilaku Konsumtif. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(1), 105. https://doi.org/10.17970/jrem.16.160107.id

Yudasella, I. F., & Krisnawati, A. (2019). pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif siswa sekolah menengah atas di kota Bandung. Jurnal Mitra Manajemen, 3(1), 147–162.

Downloads

Published

2020-05-06

How to Cite

Mubarokah, S., & Rita, M. R. (2020). Anteseden Perilaku Konsumtif Generasi Milenial: Peran Gender sebagai Pemoderasi. International Journal of Social Science and Business, 4(2), 211–220. https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i2.24139

Issue

Section

Articles