SWOT Analysis as The Basis of The Marketing Mix in Increasing Income in PT. Elteha International Singaraja

Authors

  • Gusti Putu Eka Kusuma Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma Singaraja
  • Ni Luh Nurkariani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v6i1.40658

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis SWOT pada PT. Elteha International cabang Singaraja dan mengetahui analisis SWOT sebagai dasar bauran pemasaran. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reduksi Data, Tampilan Data/Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Elteha International Singaraja adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang ekspedisi. Penentuan strategi pemasaran menggunakan metode analisis SWOT. Data internal dan eksternal diperoleh dari hasil wawancara tidak terstruktur dengan narasumber yaitu pimpinan perwakilan PT. Elteha International Singaraja, karyawan di PT Kerta Gaya Pusaka, hubungannya dengan PT. Elteha International Singaraja dan konsumen tetap di PT. Elteha International Singaraja menyimpulkan sebagai berikut, Faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan dalam meningkatkan pendapatan pada PT. Cabang Elteha International Singaraja adalah kecepatan dalam pengiriman dibandingkan dengan jasa lainnya, perusahaan juga memiliki kantor yang tersebar di seluruh Indonesia, selalu memberikan keamanan terhadap barang yang akan dikirim, faktor yang menjadi kelemahan dalam meningkatkan pendapatan di PT. Elteha International cabang Singaraja.

References

Aini, N., & Anah, L. (2018). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Kerudung Rabbani (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Jombang). BIMA: Journal of Business and Innovation Management, 2(1), 96–106. https://doi.org/10.33752/bima.v2i1.131.

Azis, H., Praptono, B., & Tripiawan, W. (2017). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Pada Produk Fariz Fashio. E-Proceeding of Engineering, 4(3). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/5374.

Candana, D. M., & Afuan, M. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Cafe Dapoer Enha Sago Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 151–162. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.252.

Desky, H., & Rahmawati, R. (2019). Strategi Bauran Pemasaran Industri Tempe di Kota Lhokseumawe dalam Perspektif Ekonomi Syariah. AT-TIJARAH: Jurnal Penelitian Keuangan Dan Perbankan Syariah, 1(2), 91–107. https://doi.org/10.52490/at-tijarah.v1i2.718.

Fahmi, S. (2015). Analisis Perencanaan Strategi Pemasaran Pada PT. Hapeel Pharmindo. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 2(3), 344–363. https://doi.org/10.31843/jmbi.v2i3.59.

Gong, T., Li, D., Liu, Y., Wang, G., & Zhu, H. (2019). Analysis of Marketing Strategy of Electricity Selling Companies in the New Situation. Journal of Physics, 1187(2). https://doi.org/10.1088/1742-%206596/1187/2/022043.

Gultom, D. K., Ginting, P., & Sembiring, B. K. (2014). Pengaruh bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa program studi manajemen fakultas ekonomi universitas muhammadiyah sumatera utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 14(1). https://doi.org/10.30596%2Fjimb.v14i01.113.

Halim, I. (2016). Strategi Pemasaran PT Pola Lubindo. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 52(11). https://journal.untar.ac.id/index.php/bm/article/view/721.

Harumi, S. D. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di Perusahaan Seiko Laundry Medan. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 8(2), 115–128. https://doi.org/10.31289/analitika.v8i2.875.

Irawan, M. R. N. (2017). Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif Pada PD. BPR Bank Daerah Lamongan. Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 2(1). https://doi.org/10.30737/ekonika.v2il.17.

Istiqomah, I., & Andriyanto, I. (2018). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus). BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(2), 363–382. https://doi.org/10.21043/bisnis.v5i2.3019.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management :15th Edition. Pearson.

Malamassam, D. (2020). Development of model for honey bee management in hasanuddin university educational forest. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 486(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/486/1/012027.

Mamahit, M. B., Silvya, M. L., & Jopie, R. J. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Jasa Cv. Caritas Dei Nobiscum Untuk Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 892–901. https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35062.

Nazwirman, & Erna, W. (2016). Analisis SWOT untuk Strategi Pemasaran PT. Indorama Synthetics Tbk. Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA), 1(2). https://doi.org/10.33476/jeba.v1i2.404.

Raj, R. V. (2016). Direct Marketing and International Promotion. International Journal of Engineering and Management Research (IJEMR), 6(1), 208–212. https://www.indianjournals.com/ijor.aspx?target=ijor:ijemr&volume=6&issue=1&article=035.

Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70. https://doi.org/10.21831/jim.v17i2.34175.

Ritonga, M. (2018). Faktor Manajemen biaya dan manajemen pemasaran terhadap pendapatan melalui intensitas produksi pada ukm industri rumahan di Kota Binjai. Jumant, 8(2), 68–78. https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/115.

Subaktilah, Y., Kuswardani, N., & Yuwanti, S. (2018). Analisis SWOT: Faktor internal dan eksternal pada pengembangan usaha gula merah tebu (Studi Kasus di UKM Bumi Asih, Kabupaten Bondowoso). Jurnal Agroteknologi, 12(2), 107–115. https://doi.org/10.19184/j-agt.v12i02.9276.

Suhartini, S. (2018). Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran pada Perusahaan. MATRIK: Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri Produksi, 12(2), 82–87. https://doi.org/10.30587/matrik.v12i2.394.

Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 di Indonesia. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16–29. https://doi.org/10.23969/linimasa.v3i2.2754.

Syaiful, F. F., & Elihami, E. (2020). Analisis SWOT. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 343–359. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/583.

Downloads

Published

2022-02-16

How to Cite

Kusuma, G. P. E., & Nurkariani, N. L. (2022). SWOT Analysis as The Basis of The Marketing Mix in Increasing Income in PT. Elteha International Singaraja. International Journal of Social Science and Business, 6(1), 72–76. https://doi.org/10.23887/ijssb.v6i1.40658

Issue

Section

Articles