The Influence of Capital, social media and Training on the Productivity of MSMEs Fostered Partners of PT. Perkebunan Nusantara III Medan City

Authors

  • Dian Pratiwi Universitas Prima Indonesia
  • Sarniwati Hutapea
  • Deni Faisal Mirza Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v6i1.44113

Keywords:

Capital, Social Media, Training, Productivity

Abstract

Di era globalisasi saat ini, teknologi semakin maju, tidak bisa dipungkiri kehadiran internet semakin dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Media sosial memegang peranan penting dalam kehidupan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh modal, media sosial, dan pelatihan terhadap produktivitas UKM Mitra Binaan PT. Perkebunan Nusantara III Kota Medan. Tingkat produktivitas UKM disebabkan oleh kurangnya modal, media sosial, dan pelatihan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 677 dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 87 dengan menggunakan rumus Slovin dengan nilai toleransi 10%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial modal, media sosial dan pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas UKM mitra binaan PN III. Secara simultan permodalan, media sosial dan pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas UKM mitra binaan PN III. Dengan demikian, implementasinya diasumsikan memiliki hubungan atau keterkaitan dengan produktivitas UKM. Permodalan, media sosial dan pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas UKM binaan PN III Kota Medan.

Author Biographies

Dian Pratiwi, Universitas Prima Indonesia

Manajemen Ekonomi

Sarniwati Hutapea

Manajemen

References

Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bertahan Pada Kondisi Pandemik COVID 19 di Indonesia. Sentrinov : Social and Humanities, 6(2), 139–146. https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/434.

Ariani, A., & Utomo, M. N. (2017). Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 13(2), 99–118. https://doi.org/10.33830/jom.v13i2.55.2017. DOI: https://doi.org/10.33830/jom.v13i2.55.2017

Brent, B. O., & Finnigan, K. S. (2009). Financial management of New York’s charter schools: A normative, descriptive, and prescriptive analysis. Journal of School Choice, 3(4), 368–396. https://doi.org/10.1080/15582150903425772. DOI: https://doi.org/10.1080/15582150903425772

Dewi, A. S. M., & Wirajaya, A. (2013). Pengaruh struktur modal, profitabilitas, dan ukuran perusahaan pada nilai perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 4(2), 358–372. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/6233.

Eka Pratiwi, A., & Ardini, L. (2019). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Leverage dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas. 16. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/2321.

Fauzi, H., & Majalengka, U. (2020). Pelatihan Manajemen Keuangan Bagi Pelaku UMKM. BERNAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 247–255. https://doi.org/10.31949/jb.v1i3.324. DOI: https://doi.org/10.31949/jb.v1i3.324

Hadi, A. (2018). Bridging Indonesia’s Digital Divide: Rural-Urban Linkages? Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 22(1), 17–33. https://doi.org/10.22146/jsp.31835. DOI: https://doi.org/10.22146/jsp.31835

Ilahi, B., Muawanah, U., Lisa, O. (2021). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Produktivitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Sektor Perbankan di BEI Periode 2016-2019. Prive, 4(4), 72–83.

Iskandar, D. (2018). Strategi Peningkatan Kinerja Perusahaan Melalui Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dan Kepuasan Kerja Dan Dampaknya Terhadap Produktivitas Karyawan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(1), 23–31. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i1.8. DOI: https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i1.8

Nuriasari, S. (2018). Analisa Rasio Likuiditas Dalam Mengukur Kinerja Keuangan PT. Mustika Ratu, Tbk (Tahun 2010-2016). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(2), 1. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i2.1181. DOI: https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i2.1181

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikto, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 1(1), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64.

Prawita, R., Swasty, W., & Aditia, P. (2017). Membangun Identitas Visual Untuk Media Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Sosioteknologi, 16(1), 27–42. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2017.16.1.3. DOI: https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2017.16.1.3

Rumbianingrum, W., & Wijayangka, C. (2018). Pengaruh literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan UMKM. Almana: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 156–164. https://doi.org/10.36555/almana.v2i3.162.

Sagala, G. H., & Effiyanti, T. (2019). SMEs project: a method to encourage interpersonal skills among pre-service accountant. Journal of Applied Research in Higher Education, 12(5), 883–895. https://doi.org/10.1108/jarhe-04-2019-0097. DOI: https://doi.org/10.1108/JARHE-04-2019-0097

Sharma, S., & Taneja, M. (2018). The effect of training on employee performance. International Journal of Recent Technology and Engineering, 7(4), 6–13. https://doi.org/10.31104/jsab.v2i2.49. DOI: https://doi.org/10.31104/jsab.v2i2.49

Sudari, S. A., Tarofder, A. K., Khatibi, A., & Tham, J. (2019). Measuring the critical effect of marketing mix on customer loyalty through customer satisfaction in food and beverage products. Management Science Letters, 9(9), 1385–1396. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.5.012. DOI: https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.5.012

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Thamrin, H., Herlambang, R., Brylian, B., Gumawang, A. K. A., & Makmum, A. (2017). A SWOT analysis tool for Indonesian small and medium enterprise. ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, 12(2), 620–625.

Wardani, D. K., & Widarno, B., Kristianto, D. (2019). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Profitabilitas, Produktivitas, Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 15(3), 311–318. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/3694. DOI: https://doi.org/10.33061/jasti.v15i3.3694

Widodo, D. (2017). Metodologi penelitian populer & praktis. Raja Grafindo Persada.

Woods, K., Gomez, M., & Arnold, M. G. (2019). Using Social Media as a Tool for Learning in Higher Education. International Journal of Web-Based Learning and Teaching Technologies, 14(3), 1–14. https://doi.org/10.4018/ijwltt.2019070101. DOI: https://doi.org/10.4018/IJWLTT.2019070101

Downloads

Published

2022-04-18

How to Cite

Pratiwi, D., Hutapea, S., & Mirza, D. F. . (2022). The Influence of Capital, social media and Training on the Productivity of MSMEs Fostered Partners of PT. Perkebunan Nusantara III Medan City. International Journal of Social Science and Business, 6(1), 128–134. https://doi.org/10.23887/ijssb.v6i1.44113

Issue

Section

Articles