Pengaruh Beban Kerja terhadap Kepuasaan Karyawan di Hotel Grand Zuri Padang

Authors

  • Shinta Monica Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Lise Asnur Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijst.v1i1.32272

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakngi oleh berbagai permasalahan diantaranya: tidak adanya promosi jabatan untuk karyawan, terjadinya konflik antara sesama rekan kerja, karyawan yang merasa terbebani oleh waktu mengerjakan tugas yang diberikan oleh atasan, dan karyawan yang komplain mengenai jam istirahat yang tidak sesuai dengan yang diharapkan menyebabkan kurangnya kepuasaan karywan dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh beban kerja  terhadap kepuasan kerja karyawan di Hotel Grand Zuri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Data yang digunakan data primer yaitu jumlah karyawan. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana seluruh karyawan yang ada di Hotel Grand Zuri Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket dengan memakai metode skala likert. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beban kerja berada pada kategori baik (59,72%) kepuasan kerja berada pada kategori baik (52,78%) didapatkan nilai F 28,083, nilai t 5.299 dan nilai R square 0,286.

Kata Kunci : Beban Kerja, Kepuasan Kerja

References

Chair, I,M.,&Pramudia,H.(2017). Hotel Room Division Management . Jakarta: Kencana

Muharto. 2007. Pariwisata Berkelanjutan: Kombinasi Strategi dan paradigm pembangunan Berkelanjutan. Yogjakarta: Budi Utama

Munandar. 2014. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutrisno, Edy. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana

Vanchapo, Antonius Rino. 2020. Beban Kerja dan Stres Kerja. Pasuruan: Qiara Media.

Downloads

Published

2021-02-16

How to Cite

Monica, S., & Asnur, L. (2021). Pengaruh Beban Kerja terhadap Kepuasaan Karyawan di Hotel Grand Zuri Padang. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.23887/ijst.v1i1.32272

Issue

Section

Articles