Tingkat Pengetahuan Kesehatan Pribadi di Masa Covid 19 pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v1i1.34829Abstract
Dewasa ini, dunia sedang diguncang oleh pandemik hebat bernama Covid-19 (Corona Virus Disease). Peningkatan dari hari kehari jumlah pasien terinfeksi virus Covid-19 sudah sulit dikendalikan diperlukannya suatu perencanaan yang jelas dan lugas dari pemerintah untuk menangulangi permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan remaja pada Desa Banjar Tengah Kecamatan Negara Kabupaten tentang kesehatan pribadi dimasa Covid19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan satu variabel bebas, yaitu pengetahuan tentang kesehatan pribadi. Populasi adalah remaja Desa Banjar Tengah Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana berjumlah 100 orang remaja. Instrumen penelitian dalam bentuk teknik tes tertulis dengan model tes obyektif dan hasilnya berupa skor. Pengujian instrumen model contruct validity, dengan instrument yang sudah mendapatkan pengujian dari ahli (judgment experts). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Didapatkan kesimpulan bahwa tingkat pengetahuan kesehatan pribadi dimasa Covid19 pada remaja Desa Banjar Tengah Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana dengan jumlah populasi 100 orang remaja, adalah untuk 18 remaja kategori tinggi atau sebesar 18%; 62 remaja kategori sedang atau sebesar 62%; dan 20 remaja kategori rendah atau sebesar 20%. Adapun saran untuk penelitian ini adalah sebaiknya peningkatan tentang pengetahuan kesehatan pribadi tidak hanya melibatkan remaja, tetapi semua masyarakat dengan menggunakan sampel yang lebih banyak sehingga diharapkan hasil penelitian yang di dapat akan lebih maksimal hasilnya
Kata Kunci: Pengetahuan, Kesehatan Pribadi, Remaja Desa Banjar Tengah
References
Amboro, K. (2020). Kontekstualisasi Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Sejarah. Yupa: Historical Studies Journal, 3(2), 90–106. https://doi.org/10.30872/yupa.v3i2.203.
Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070.
Kanca, I. N. (2010). Metodologi Penelitian Peengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010.
Sobana. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Pendidikan dan Pelatihan Aparatur. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 166–175. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i2.18
Syarifudin, B. (2010). Panduan TA Keperawatan dan Kebidanan Dengan SPSS. Grafindo Litera Media.
Wahidah, I., Athallah, R., Hartono, N. F. S., Rafqie, M. C. A., & Septiadi, M. A. (2020). Pandemik COVID-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 11(3), 179–188. https://doi.org/10.29244/jmo.v11i3.31695.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)