Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34856Abstract
Berdasarkan hasil observasi masih banyak ditemukan peserta didik yang terlihat kurang menikmati atau kurang termotivasi terhadap pembelajaran PJOK secara online atau daring. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Motivasi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Selemadeg Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Selamadeg tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah total sebanyak 159 orang. Metode pemilihan sampel menggunakan non random sampling yaitu quota sampling dengan besaran 37% dari jumlah total populasi, sehingga jumlah sampel sebanyak 59 orang. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif kuantitatif dengan kategori interval. Hasil dari penelitian ini yaitu pada faktor intrinsik motivasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Selemadeg dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19 memperoleh skor 81,0% jika dikonversikan ke dalam interval kategori termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan pada faktor ekstrinsik motivasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Selemadeg dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19 memperoleh skor 79,03% jika dikonversikan ke dalam interval kategori termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan kedua indikator pada variabel, motivasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Selemadeg dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19 apabila di rata-ratakan memperoleh skor 80,015%. Jika dikonversikan ke dalam interval kategori, motivasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Selemadeg dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19 termasuk dalam kategori tinggi.
Kata Kunci : Motivasi, Pembelajaran PJOK, Pandemi Covid-19
References
Handarini, O. I. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3).
Hasanah, Raodatun, I Putu Panca Adi, I. G. S. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Nurul. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, 6(1), 189–196.
Heriyansyah. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).
Paramitha, S. T. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga JPJO, 3(1), 41–51.
Prasetyo, Y. (2013). Kesadaran Masyarakat Berolahraga Untuk Peningkatan Kesehatan Dan Pembangunan Nasional. Medikora, 11(2), 219–228.
Pratama, R. E. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49–59.
Risyanto, A. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasman. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 4(2).
Sadikin, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224.
Wicaksono, G. H. (2019). Kreativitas Guru Penjas Terhadap Proses Pembelajaran Penjas Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sekecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen 2018. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 95–100.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)