Survei Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.34862Abstract
Sarana prasarana merupakan fasilitas pendukung yang dapat menunjang proses kegiatan dalam organisasi apa saja termasuk di dalamnya adalah satuan pendidikan atau sekolah. Sehingga sekolah perlu menyediakan sarana dan prasarana yang baik untuk keeberlangsungan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) di Tingkat SMA se-Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif, dengan menggunakan metode Survei. Subjek penelitian seluruh populasi SMA se-Kecamatan Buleleng yaitu berjumlah 10 populasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara mengklasifikasikan jenis data yang diperoleh dari lembar instrument. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut (1) Ketersediaan sarana penunjang pembelajaran PJOK di SMA se-Kecamatan Buleleng berjumlah 2604 dan yang berkondisi baik 2388 sarana dengan presentase 91.71% yang berkondisi rusak 215 sarana presentase 8.29%. Dan dari segi kepemilikan sebanyak 2604 yang milik sendiri 2597 dengan preentase 99.73% dan yang menyewa/meminjam 7 dengan presentase 0.27% (2) Ketersediaan prasarana berjumlah yaitu 43 dan yang berkondisi baik 42 prasarana dengan prsentase 97.67% yang berkondisi rusak 1 prasarana dengan presentase 2.33%. Dan dari segi status kepemilikan milik sendiri 37 dengan presentase 86.05% dan yang meminjam/menyewa berjumlah 6 dengan presentase 13.95%.
Kata Kunci: Sarana, Prasarana, Survei
References
Adiyanta, F.C. Susila. 2019. Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Adminitrative Law & Governance Journal. Vol. 2 No. 4, Hal. 687-709. Tersedia Pada: https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/alj/article/view/6604.
Agus S. Suryobroto.(2004). Diktat Mata Kuliah Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta Universitas Negeri Yogyakarta.
Anas Sudijono.(2012).Pengantar Statistik pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Barnawi dan M.Arifin.(2016). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jakarta: Ar-ruz Media.
Depdiknas.(2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/Mi (Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan). Jakarta.
E.Mulyasa.(2006).Kurikulum yang Disempurnakan.Yogyakarta: Rosada.
Fatmawati, Nur. Andi Mappincara, Sitti Habibah. 2019. Pemanfaatan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 3 Nomor 2, Hal. 115-121. Tersedia Pada: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i2.9799.
Ismaya, B. 2015. Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: PT Refika Aditama.
Junaedi, Anas, Hari Wisnu. 2015. Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMA, SMK, dan MA Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol. 03 No. 03, Hal. 834 – 842. Tersedia Pada: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/14367.
Komalasari, Kokom.(2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dn Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Kristiyandaru,Advendi.(2010). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surabaya: Unesa Press.
Suandi, I Nengah dkk. (2016). Pedoman Penulis Karya Ilmiah. Singaraja: Undiksha Press.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi. Yogyakarta:Alfabeta.
Sukintaka. (2004). Teori Pendidikan Jasmani Filosofi Pembelajaran & masa depan. Bandung: Penerbit Nuansa.
Soepartono, 2000. Sarana dan Prasarana Olahraga. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Suryobroto, Agus S. (2004). Diktat Mata Kuliah Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta:UNY.
Wahyuningrum, H. 2000. Buku ajar manajemen fasilitas pendidikan. Yogyakarta: AP FIP UNY.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)