Survei Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)

Authors

  • Daniel Mikhael Kune KUNE Universitas Pendidikan Ganesha.

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.34862

Abstract

Sarana prasarana merupakan fasilitas pendukung yang dapat menunjang proses kegiatan dalam organisasi apa saja termasuk di dalamnya adalah satuan pendidikan atau sekolah. Sehingga sekolah perlu menyediakan sarana dan prasarana yang baik untuk keeberlangsungan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) di Tingkat SMA se-Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif, dengan menggunakan metode Survei. Subjek penelitian seluruh populasi SMA se-Kecamatan Buleleng yaitu berjumlah 10 populasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara mengklasifikasikan jenis data yang diperoleh dari lembar instrument. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut (1) Ketersediaan sarana penunjang pembelajaran PJOK di SMA se-Kecamatan Buleleng berjumlah  2604 dan yang berkondisi baik 2388 sarana dengan presentase 91.71%  yang berkondisi rusak 215 sarana presentase 8.29%. Dan dari segi kepemilikan sebanyak 2604 yang milik sendiri 2597 dengan preentase 99.73% dan yang menyewa/meminjam 7 dengan presentase 0.27% (2) Ketersediaan prasarana berjumlah yaitu 43 dan yang berkondisi baik 42 prasarana dengan prsentase 97.67% yang berkondisi rusak 1 prasarana dengan presentase 2.33%. Dan dari segi status kepemilikan milik sendiri 37 dengan presentase 86.05% dan yang meminjam/menyewa berjumlah 6 dengan presentase 13.95%.

 Kata Kunci: Sarana, Prasarana, Survei

References

Adiyanta, F.C. Susila. 2019. Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Adminitrative Law & Governance Journal. Vol. 2 No. 4, Hal. 687-709. Tersedia Pada: https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/alj/article/view/6604.

Agus S. Suryobroto.(2004). Diktat Mata Kuliah Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta Universitas Negeri Yogyakarta.

Anas Sudijono.(2012).Pengantar Statistik pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Barnawi dan M.Arifin.(2016). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jakarta: Ar-ruz Media.

Depdiknas.(2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/Mi (Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan). Jakarta.

E.Mulyasa.(2006).Kurikulum yang Disempurnakan.Yogyakarta: Rosada.

Fatmawati, Nur. Andi Mappincara, Sitti Habibah. 2019. Pemanfaatan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 3 Nomor 2, Hal. 115-121. Tersedia Pada: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i2.9799.

Ismaya, B. 2015. Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: PT Refika Aditama.

Junaedi, Anas, Hari Wisnu. 2015. Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMA, SMK, dan MA Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol. 03 No. 03, Hal. 834 – 842. Tersedia Pada: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/14367.

Komalasari, Kokom.(2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dn Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Kristiyandaru,Advendi.(2010). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surabaya: Unesa Press.

Suandi, I Nengah dkk. (2016). Pedoman Penulis Karya Ilmiah. Singaraja: Undiksha Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi. Yogyakarta:Alfabeta.

Sukintaka. (2004). Teori Pendidikan Jasmani Filosofi Pembelajaran & masa depan. Bandung: Penerbit Nuansa.

Soepartono, 2000. Sarana dan Prasarana Olahraga. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Suryobroto, Agus S. (2004). Diktat Mata Kuliah Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta:UNY.

Wahyuningrum, H. 2000. Buku ajar manajemen fasilitas pendidikan. Yogyakarta: AP FIP UNY.

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

KUNE, D. M. K. (2021). Survei Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 57–62. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.34862

Issue

Section

Articles