Motivasi Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Putu Agus Widiutama Program Studi Penjaskesrek, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja-Indonesia
  • I PT Panca Adi Program Studi Penjaskesrek, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja-Indonesia
  • I K. Semarayasa Program Studi Penjaskesrek, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.35433

Abstract

Efek pandemi yang terjadi sekarang ini menyebabkan motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran PJOK semakin rendah. Selain itu kurangnya pengawasan saat pembelajaran daring menyebabkan siswa tidak sungguh-sungguh saat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi peserta didik kelas dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian adalah peserta didik dengan jumlah keseluruhan 237 orang. Sampel penelitian ini menggunakan non random sampling yaitu quota sampling dengan besaran 25% dari total populasi sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 59. Data dianalisis menggunakan statistik deskritif kuantitatif dengan kategori interval. Hasil analisis menunjukkan bahwa data pada motivasi intrinsik memperoleh skor 88,1 jika dikonversikan ke dalam interval kategori termasuk dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan pada motivasi ekstrinsik memperoleh skor 83,6 jika dikonversikan ke dalam interval kategori termasuk dalam kategori sangat tinggi. Dari kedua indikator pada faktor motivasi memperoleh skor 83.6. Jika dikonversikan ke dalam interval kategori, termasuk dalam kategori sangat tinggi.  Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat peserta didik memiliki motivasi intrinsik dan ekstrinsik dalam pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19.

 

Kata Kunci: Motivasi, Pembelajaran PJOK, Pandemi covid-19

References

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Pt Rineka Cipta.

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Gunarsa, S. (2008). Psikologi Olahraga Prestasi. PT BPK Gunung Mulia.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.

Hasibuan, M. S. P. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Aksara.

Lashley, Y. . (2014). Integrating computer technology intheteaching of Biology. 3(2).

Paramitha, S. T., & Anggara, L. E. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 41. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10612

Pragholapati, A. (2020). “Covid-19 Impact on Students.”

Rohman, U. (2016). Tinjauan Alternatif Konsep Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Sekolah. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 12(22), 111–118.

Sadikin, Ali dan Hamidah, A. (2020). “Pembelajaran Dairng di Tengah Wabah Covid-19”. Universitas Jambi. 6(2).

Saifuddin, M. F. (2017). “E-learning dalam persepsi mahasiswa.” Varia Pendidikan, 29(2), 103.

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Sartinah, S. (2008). Peran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Perkembangan Gerak Dan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(2), 62–67.

Surahni. (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sebagai Sarana Pendidikan Moral. The 6th University Research Colloquium 2017, 41–46.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Invantif-Progresif. Kencana Prenada Group.

Wicaksono, P., Wibowo, U. L. N., & ... (2021). Motivasi Belajar Taruna Pada Pembelajaran Online Sepanjang Pandemi COVID-19 (Sebuah Artikel Konseptual). Skyhawk …, 1(1), 34–40. http://ejournal.icpa-banyuwangi.ac.id/index.php/skyhawk/article/view/7

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

Widiutama, P. A., Adi, I. P. P., & Semarayasa, I. K. (2021). Motivasi Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 71–78. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.35433

Issue

Section

Articles