Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola

Authors

  • Putu Angga Wahyu Nugraha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45024

Keywords:

Kooperatif, STAD, Hasil Belajar, Passing Sepak Bola

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing sepak bola. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan (true experimental)  dengan rancangan penelitian the randomizedpre test-post test control group the same subject design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undksha Singaraja Tahun Pelajaran 2019/2020, dengan jumlah populasi 128 orang. Teknik pengambilan  sampel yaitu simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah VIII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelomok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, dan tes keterampilan menggunakan tes unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata  kelompok eksperimen yaitu 0,31 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol yaitu 0,25. Dari hasil uji t yang diperoleh adalah 0,003, P < 0,05. Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passingsepakbola. Dengan demikian disarankan guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena sudah terbukti berpengaruh Positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Author Biography

Putu Angga Wahyu Nugraha

Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

References

Artanayasa, I Wayan. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran dan Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Sepakbola dengan Mengontrol Motor Educability. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Dantes, Nyoman. 2002. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI

Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Pembelajaran PJOK Inovatif untuk Pendidikan Dasar.Surabaya: Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Erina, Richie, and HeruKuswanto. "Pengaruh model pembelajaran instad terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif fisika di SMA." JurnalInovasiPendidikan IPA 1.2 (2015): 202-211. Tersedia pada http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi (diakses tanggal 20 Novenber 2018)

Husdarta. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha

Lubis, Asneli. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik pada Materi Pokok Gerak Lurus di Kelas X SMA Swasta UISU Medan." JurnalPendidikanFisika 1.1 (2012): 27-32. Tersedia pada https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/3378/3044 (diakses tanggal 20 Novenber 2018)

Luxbacher, A. J. 2012. Sepak Bola. Cetakan Kelima. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Muharom, T. (2014).Pengaruh pembelajaran dengan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Jurnalpendidikandankeguruan, 1(1). Tersedia pada http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/2/2 (diakses tanggal 20 Novenber 2018)

Mustagfiri.(2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Terhadap Hasil Belajar Materi Passing Bola Pada Permainan Sepak Bola (Studi Pada Peserta didik Kelas X Smk Al Azhar Menganti Gresik).

Tersedia pada: http://www.demo.unesa.ac.id/alumni/data/s1-pend-jasmani-kesehatan-dan-rekreasi/mustagfiri (diakses tanggal 27 Februari 2019).

Santyasa, I W. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Buku Ajar (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikian Fisika, Fakultas MIPA, IKIP Negeri Singaraja

Sari, Nirmala. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas Xi Mia Sma N 1 Bangun Purba Tahun Pembelajaran 2014/2015. Tersedia pada: http://e-journal.upp.ac.id/index.php/fkipbiologi/article/view/348 (diakses tanggal 27 Februari 2019).

Sariyasa.2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD Terhadap Hasil Belajar IPS dan Keterampilan Sosial pada Peserta didik Kelas V SD Negeri 1 Joworawu Lombok Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Tersedia pada: pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/view/768. (diakses tanggal 27 Februari 2019).

Satyawan. 2012. Buku Ajar Permainan Sepak Bola. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

Slavin, E Robert. 2005. Pembelajaran Kooperatif : Teori, riset dan Praktek. Bandung : Nusa Media.

Suarta, I komang dkk.(2017).Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola.“e-JournalPJKR”Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Vol 8, No 2, Tahun 2017). Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id (diakses tanggal 5 januari 2019)

Sudiarpa, I Komang.2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD Terhadap Hasil Belajar IPA pada Peserta didik Kelas V SD No. 5 Songan Tahun Pelajaran 2013/2014. Tersedia pada:

http: //ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5909. (diakses tanggal 27 Februari 2019).

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Suroyo, Bijak Adi. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Shooting Sepakbola pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kediri” yang menemukan bahwa diketahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Tersedia pada: http://jurnalmahapeserta didik.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/8011(diakses tanggal 27 Februari 2019).

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Published

2022-02-22

How to Cite

Nugraha, P. A. W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 4(1). https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45024

Issue

Section

Articles