Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45024Keywords:
Kooperatif, STAD, Hasil Belajar, Passing Sepak BolaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing sepak bola. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan penelitian the randomizedpre test-post test control group the same subject design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undksha Singaraja Tahun Pelajaran 2019/2020, dengan jumlah populasi 128 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah VIII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelomok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, dan tes keterampilan menggunakan tes unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata kelompok eksperimen yaitu 0,31 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol yaitu 0,25. Dari hasil uji t yang diperoleh adalah 0,003, P < 0,05. Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passingsepakbola. Dengan demikian disarankan guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena sudah terbukti berpengaruh Positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
References
Artanayasa, I Wayan. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran dan Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Sepakbola dengan Mengontrol Motor Educability. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Dantes, Nyoman. 2002. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI
Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Pembelajaran PJOK Inovatif untuk Pendidikan Dasar.Surabaya: Departemen Pendidikan Nasional.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Erina, Richie, and HeruKuswanto. "Pengaruh model pembelajaran instad terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif fisika di SMA." JurnalInovasiPendidikan IPA 1.2 (2015): 202-211. Tersedia pada http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi (diakses tanggal 20 Novenber 2018)
Husdarta. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha
Lubis, Asneli. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik pada Materi Pokok Gerak Lurus di Kelas X SMA Swasta UISU Medan." JurnalPendidikanFisika 1.1 (2012): 27-32. Tersedia pada https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/3378/3044 (diakses tanggal 20 Novenber 2018)
Luxbacher, A. J. 2012. Sepak Bola. Cetakan Kelima. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Muharom, T. (2014).Pengaruh pembelajaran dengan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Jurnalpendidikandankeguruan, 1(1). Tersedia pada http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/2/2 (diakses tanggal 20 Novenber 2018)
Mustagfiri.(2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Terhadap Hasil Belajar Materi Passing Bola Pada Permainan Sepak Bola (Studi Pada Peserta didik Kelas X Smk Al Azhar Menganti Gresik).
Tersedia pada: http://www.demo.unesa.ac.id/alumni/data/s1-pend-jasmani-kesehatan-dan-rekreasi/mustagfiri (diakses tanggal 27 Februari 2019).
Santyasa, I W. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Buku Ajar (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikian Fisika, Fakultas MIPA, IKIP Negeri Singaraja
Sari, Nirmala. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas Xi Mia Sma N 1 Bangun Purba Tahun Pembelajaran 2014/2015. Tersedia pada: http://e-journal.upp.ac.id/index.php/fkipbiologi/article/view/348 (diakses tanggal 27 Februari 2019).
Sariyasa.2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD Terhadap Hasil Belajar IPS dan Keterampilan Sosial pada Peserta didik Kelas V SD Negeri 1 Joworawu Lombok Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Tersedia pada: pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/view/768. (diakses tanggal 27 Februari 2019).
Satyawan. 2012. Buku Ajar Permainan Sepak Bola. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
Slavin, E Robert. 2005. Pembelajaran Kooperatif : Teori, riset dan Praktek. Bandung : Nusa Media.
Suarta, I komang dkk.(2017).Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola.“e-JournalPJKR”Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Vol 8, No 2, Tahun 2017). Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id (diakses tanggal 5 januari 2019)
Sudiarpa, I Komang.2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD Terhadap Hasil Belajar IPA pada Peserta didik Kelas V SD No. 5 Songan Tahun Pelajaran 2013/2014. Tersedia pada:
http: //ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5909. (diakses tanggal 27 Februari 2019).
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Suroyo, Bijak Adi. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Shooting Sepakbola pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kediri” yang menemukan bahwa diketahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Tersedia pada: http://jurnalmahapeserta didik.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/8011(diakses tanggal 27 Februari 2019).
Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)