Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Steam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bola Besar pada Siswa Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v6i1.58992Keywords:
PJOK, Problem Based Learning, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar permainan bola besar (sepak bola dan bola voli) pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tegallalang, melalui implementasi model Pembelajaran Problem Based Learning berbasis STEAM. dimana yang menjadi sasaran dalam penelitian ini yaitu tertuju kepada peserta didik kelas XI, dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berada pada kelas XI yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan alur (1) Rencana tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi/evaluasi, dan (4) Refleksi. Pelaksanaan penelitian yang diperoleh dari Hasil Belajar Siklus I dan Hasil Belajar Siklus II pada aspek Pengetahuan dan Keterampilan. Hasil penelitian ini bahwa hasil belajar peserta didik sudah sesuai dengan harapan dimana telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90,2% pada aspek pengetahuan dan 84,7% pada aspek keterampilan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik dalam materi passing control pada materi sepak bola dan passing bawah dan atas pada materi bola voli yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Adapun peningkatan hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil 59,7% menjadi 90,2% pada aspek pengetahuan secara klasikal dan 54,2% menjadi 84,7% pada aspek keterampilan, serta telah melampaui batas minimal hasil belajar peserta didik yaitu 75% secara klasikal sehingga hasil belajar peserta didik dinyatakan tuntas. Maka dapat ditarik kesimpulan yaitu Hasil belajar peserta didik Kelas XI SMA Negeri Tegallalang pada materi passing dalam permainan sepak bola dan bola voli meningkat setelah menggunakan model pembelajaran PBL dalam kategori sangat baik dan hal ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik salah satunya menggunakan model pembelajaran PBL.
References
Abduljabar, B. (2011). Pengertian pendidikan jasmani. Ilmu Pendidikan.
Balan, L., Yuen, T., & Mehrtash, M. (2019). Problem-Based Learning Strategy for CAD Software Using Free-Choice and Open-Ended Group Projects. Procedia Manufacturing, 32, 339–347. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.02.223
Budi, D. R. (2015). Modifikasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia, 1–9.
Daum, D. N., & Ervin-Kassab, L. (2023). Only When It Is Raining: Technology in Physical Education. The Physical Educator, 80(1), 18666. https://doi.org/10.18666/tpe-2023-v80-i1-11116
Erwin, H. E. (2017). Full STEAM Ahead in Physical Education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(1), 3–4. https://doi.org/10.1080/07303084.2016.1249759
Gunawan, E. E. (2019). Motivasi Bermain Bola Basket Siswa Sma Negeri 12 Makassar. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 2(2), 14–23. https://doi.org/10.33503/jpjok.v2i2.447
Hanief, Y. N., Subekti, T. B. A., & Mashuri, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli melalui Permainan 3 on 3 pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i2.12414
Jatmiko, S. D., Harmono, S., Atrup, & Mashuri, H. (2022). Perbandingan latihan bola standar dan bola modifikasi terhadap kemampuan dribble sepakbola. JILO: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 5(1). https://doi.org/10.26418/jilo.v5i1
Lee, D.-J. (2021). The Effect of STEAM-Based Physical Education Classes on Middle School Students’ Attitudes toward Physical Education Classes and Self-Directed Learning Abilities. Iranian Journal of Public Health. https://doi.org/10.18502/ijph.v50i5.6111
Mashuri, H. (2017). Persepsi Siswa terhadap Pemebelajaran Guru Pendidikan Jasmani di SMA Muhammadiyah Kediri. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Olahraga, 3(1), 1–10. Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/index
Mashuri, H., & Apriliyanto, R. (2015). Survey Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran STKIP PGRI Jombang, 1(1), 25–26.
Mashuri, H., Puspitasari, I. C., & Abadi, S. M. (2019). Pendidikan Jasmani dan Olahraga : Sebuah Pandangan Filosofi. Prosiding Seminar Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 383–390. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/41/39
Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh metode problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan: meta-analisis. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835
Pebrianti, F. (2019). Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 93–98. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/10280
Refida, F. (1999). Sikap Guru Terhadap Ciri Pribadi Kreatif dan Hubungannya dengan Penciptaan Lingkungan Belajar Kondusif bagi Perkembangan Kreativitas Siswa. Universitas Indonesia.
Sulistiono, A. A. (2014). Kebugaran Jasmani Siswa Pendidikan Dasar dan Menengah di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 223–233. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.140
Wahyudi, Rahmat, Z., & Irfandi. (2020). Persepsi Orang Tua Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di SD Negeri 2 Neuhun Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).
Widodo. (2017). Metodologi Penelitian, Populer & Praktis. In Metodologi Penelitian, Populer & Praktis.
Yance, R. D., Ramli, E., & Mufit, F. (2013). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar of Physics Education, 1(April), 48–54.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)