Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Terhadap Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Bolavoli

Authors

  • Denis Bara Atmaja Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Maksum Universitas Negeri Surabaya
  • Advendi Kristiyandaru Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Fitriyah Ningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijst.v6i2.83722

Keywords:

STAD, motivasi belajar, PJOK, bolavoli

Abstract

Motivasi belajar berperan penting untuk menunjang kelancaran pembelajaran PJOK. Perlu dilakukan upaya dan usaha untuk mewujudkan motivasi yang baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memakai model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh atau tidak penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bolavoli dan seberapa besar pengaruhnya. Sampel yang dipilih adalah siswa kelas X DKV 2 dan X BD 1 SMK PGRI 13 Surabaya. Hasil perhitungan statistik menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terdapat pengaruh yang signifikan pada peningkatan motivasi belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil uji T paired sample t test yaitu didapatkan nilai sig. 0,00<0,05 yang artinya ada perbedaan yang signifikan dari pelaksanaan treatment. Berdasarkan hasil hitung diketahui bahwa motivasi belajar siswa meningkat sebesar 10,92%.

References

Afidah, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V Mi Hidayatul Mubtadi’in Tegalsari Barat Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2019-2020. Jurnal Ibtida, 1(1), 1–19. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/ibtida/article/view/182/152

Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247–264. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82

Amalia, Y. Z., & Listiyadi, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Akuntansi, 2(3), 1–7.

Dwiyogo, W. D., & Cholifah, P. S. (2016). Continuing Professional Development (CPD) for Physical Education Teacher in Elementary School through Blended Learning. International Conference On Education 2016, 14, 948–945.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Hadi, A., Nasaruddin, N., & Husniati, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Kelas V Sdn 4 Pringgabaya Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(2), 124–133. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.64

Huraibi, C. Z. C., & Indahwati, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI TKR SMK Negeri 2 Baubau Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan, 6(3), 583–5586. https://doi.org/10.55340/fkip.v8i1.292

Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057

Kamid, K., Winarni, S., Rohati, R., Pratama, W. A., & Triani, E. (2022). Student Team Achievement Division Learning Model and Student Process Skills. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i1.42456

Kanca, I. N. (2018). Menjadi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 1(1), 21–27.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Koc, Y. (2017). The Effect of “Physical Education and Sport Culture” Course on the Attitudes of Preservice Classroom Teachers towards Physical Education and Sports. International Journal of Higher Education, 6(4), 200–209. https://doi.org/10.5430/ijhe.v6n4p200

Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51

Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. In Unesa University press. https://www.researchgate.net/publication/327280741_Metodologi_penelitian_dalam_olahraga

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467

Mulyadi, H. A., Subekti, N., & Juhrodin, J. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Motivasi Belajar Dan Kebugaran Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. VIII(2).

Mustafa, P. S., Winarno, M. E., & Supriyadi, S. (2019). Penilaian Pendidikan Jasmani , Olahraga , dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan, 4(10), 1364–1379.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling(JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 289–302.

Riyanti, R., & Mardiani, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Course Review Horay dan STAD. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 125–134. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.883

Wang, R. (2017). Research on physical education problems and management reform of chinese colleges and universities. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(10), 7057–7069. https://doi.org/10.12973/ejmste/78730

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754

Wulandari, I. S., & Hidayat, T. (2014). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli. Urnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(3), 599–604. https://doi.org/10.1504/IJDMMM.2011.041808

Downloads

Published

2024-10-22

How to Cite

Atmaja, D. B., Maksum, A., Kristiyandaru, A., & Ningsih, Y. F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Terhadap Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Bolavoli. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 6(2), 20–28. https://doi.org/10.23887/ijst.v6i2.83722