ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN (STAKEHOLDERS) TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN JURUSAN AKUNTANSI PROGRAM DIPLOMA III

Authors

  • Lucy Sri Musmini

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1151

Abstract

Pada dasarnya tujuan institusi pendidikan adalah untuk menciptakan dan mempertahankan kepuasan pemangku kepentingan (stakeholders). Sistem penjaminan mutu menyatakan bahwa salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengukur mutu suatu produk atau jasa adalah kemampuan produk/jasa tersebut dalam memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh pemangku kepentingan (stakeholders). Penelitian ini merupakan penelitian tentang kepuasan pemangku kepentingan (stakeholders) terhadap kualitas pendidikan di Jurusan Akuntansi Program Diploma III. Penelitian ini secara metodologis menggunakan desain penelitian ex pose facto dengan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pemangku kepentingan (stakeholders) terhadap kualitas pendidikan di Jurusan Akuntansi Program Diploma III, dilihat dari sudut pandang mahasiswa dan pengguna alumni sudah baik. Namun kepuasan pemangku kepentingan (stakeholders) dapat lebih baik lagi dengan meningkatkan kondisi fisik yang digunakan pada proses pembelajaraan, separti sarana prasarana, fasilitas dalam proses pembelajaran serta upaya untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme dan Bahasa Inggris yang dimiliki mahasiswa.

Kata-kata kunci: tingkat kepuasan, pemangku kepentingan, kualitas pendidikan

Downloads

Published

2013-03-01

Issue

Section

Articles