PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 PENEBEL

Authors

  • I Wayan Kariata

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v8i1.158

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Penebel. Desain kajian yang digunakan adalah kajian tinkadakan kelas (PTK). Prosedur kajian dilaksanakan dua siklus yang meliputi : perencanaan, pelaksanaan, observasi / evaluasi dan refleksi. Penelitian ini melibatkan tiga puluh empat (34) orang siswa di kelas XI IPS 3 SMA 1 Penebel, pada semester ganjil (1) tahun pelajaran 2009/2010. Untuk pengumpulan data digunakan tes tertulis dalam bentuk kuis dan pilihan ganda, lembar observasi, dan angket. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari rata-rata nilai dasar 65,00,  nilai kuis 74,11,  nilai kemajuan 19,41,  nilai prestasi 73,53, dan ketuntasan belajar siswa 82,35% di siklus pertama (I) menjadi rata-rata nilai dasar 72,35,  nilai kuis 82,94,  nilai kemajuan 20,58,  nilai prestasi 76,47, dan ketuntasan belajar menjadi 100% di siklus kedua. Peningkatan prestasi dari siklus pertama ke siklus kedua lagi 0,040%.

 

Kata-kata Kunci : Kooperatif STAD, Prestasi Belajar.

Downloads

Issue

Section

Articles