PEMANFAATAN PROGRAM APLIKASI MAPLE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA PERKULIAHAN ALJABAR LINEAR I

Authors

  • I Made Suarsana

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v8i2.163

Abstract

Tujuan dilaksanakannnya penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan motivasi belajar  mahasiswa dalam perkuliahan aljabar linear I melalui  pemanfaatan program Maple, (2) meningkatkan prestasi belajar  mahasiswa dalam perkuliahan aljabar linear I melalui pemanfaatan program Maple, dan (3) untuk mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap pemanfaatan program Maple pada perkuliahan aljabar linear I. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus mencakup 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh pada masing-masing siklus penelitian ini adalah sebagai berikut. Hasil yang diperoleh pada siklus I yaitu rata-rata prestasi belajar mahasiswa adalah 71 (skala 100) dengan presentase kelulusan dengan nilai A atau B sebesar 56,2% dan presentase ketidaklulusan sebesar 12,5% serta rata-rata motivasi belajar mahasiswa adalah 48 (Skala 15-75) yang berkategori tinggi. Hasil pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan terhadap siklus I baik dari segi prestasi maupun motivasi belajar. Rata-rata prestasi belajar adalah 75 dengan presentase kelulusan dengan nilai A atau B sebesar 71,9% dan presentase ketidaklulusan sebesar 3,1% serta rata-rata motivasi belajar mahasiswa adalah 50 yang berkategori tinggi. Di samping itu, hasil penyebaran angket menunjukkan bahwa tanggapan mahasiswa terhadap pemanfaatan Maple pada perkuliahan Aljabar Linear I adalah positif.

 

Kata-kata kunci : maple, motivasi belajar, prestasi belajar

Downloads

Issue

Section

Articles