STRATEGI PEMBELAJARAN PEMANFAATAN BANK SAMPAH GALANG PANJI SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 4 SINGARAJA

Tini Agustini, I Made Tegeh

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pembelajaran pemanfaatan Bank Sampah Galang Panji sebagai media  pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMPN 4 Singaraja, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Adapun informan kunci penelitian ini adalah guru dan siswa SMPN 4 Singaraja. Dalam penelitian ini sampel penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner,. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengikuti  beberapa tahapan seperti reduksi data, menyajikan, menafsirkan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian Bank Sampah Galang Panji sebagai media pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMPN 4 Singaraja dilakukan secara terintegrasi.Terdapat enam strategi yang dapat dilakukan untuk pengimplemenntasian bank sampah sebagai media pendidikan karakter.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ika.v16i1.19822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal IKA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal IKA indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Jurnal IKA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.