MEMAHAMI MODAL VERBA SHOULD DAN MUST MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Authors

  • Arief Baskoro SMP Negeri 1 Singaraja
  • I.G.A. Lokita Purnamika Utami SMP Negeri 1 Singaraja
  • Ni Made Sri Ayu Hartini SMP Negeri 1 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v16i2.19827

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan modal verbaShoulddan Must dalam berbagai konteks menggunakan CTL (Contextual Teaching Learning). Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas VIII A7 SMP Negeri 1 Singaraja tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 32 Siswa. Melalui observasi awal diketahui bahwa siswa memiliki masalah dalam menggunakan modal verba should dan must. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah tes ( pre-test dan post test I dan post-test II), dan lembar pengamatan . Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan dalam kemampuan menggunakan should dan mustyang mampu mancapai KKM (78 ) pada akhir siklus kedua . Hasil rata-rata skor meningkat dari 44,68 (pre-test) ke 54,84 ( post test 1 ) dan 80,93 (post test 2) . Persentasi kelulusan siswa juga meningkat dari observasi awal ke post test I (siklus I) dan post test II (siklus II)

Downloads

Published

2019-09-02

Issue

Section

Articles