IMPROVING SPEAKING SKILL BY USING DRILL TECHNIQUE AT THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMKN 1 SINGARAJA IN ACADEMIC YEAR 2018/2019

Authors

  • Budhi Astu Okta Widhi Atmi SMKN 1 Singaraja
  • Kadek Agus Jaya Pharhyuna SMKN 1 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v16i2.19830

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui teknik drill. Subyek penelitian ini adalah siswa di tingkat sepuluh kelas X PH A di SMKN 1 Singaraja pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 21 perempuan dan 15 laki-laki. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa rendah, yang mana dapat dilihat bahwa hanya 17% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal atau KKM, dimana standar pencapaian tersebut adalah 72. Karena pentingnya kemampuan berbicara untuk siswa kejuruan, teknik drill dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan dua sesi pada tiap siklus. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes (pre-test, post-test1, post-test 2), lembar observasi, dan rekaman. Hasil pada post-test 1 menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada pencapaian berbicara siswa. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 60,67 (pre-test) menjadi 72,89 (post-test 1), dan 69% siswa telah mencapai nilai standar yang diharapkan. Setelah perlakuan yang kedua, hasil menunjukkan bahwa skor siswa meningkat dari skilus pertama. Nilai rata-rata pada post-test 2 adalah 80,56, dan komputerisasi dari skor menunjukkan bahwa 97% siswa dalam penelitian ini mencapai standar pencapaian minimum. Data-data ini membuktikan bahwa teknik drill telah sukses dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Downloads

Published

2019-09-02

Issue

Section

Articles