MENGATASI PERMASALAHAN DAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI KONSELING EKLEKTIF DENGAN PERILAKU ATTENDING PADA SISWA VIII B2 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Authors

  • Made Sukri SMP Negeri 6 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v17i1.19837

Abstract

Tujuan penelitian tindakan bimbingan konseling ini adalah (1) untuk mendiskripsikan peranan konseling dengan teknik Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending dapat mengatasi permasalahan belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, dan (2) untuk mendiskripsikanperanan konseling dengan teknik Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Subyek penelitian tindakan bimbingan konseling ini adalah siswa kelas VIII B2  SMP Negeri 6 Singaraja Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019.  Obyek penelitian ini adalah masalah belajar IPA yang dihadapi siswa dan prestasi belajar IPA. Pemecahan masalah dalam penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) ini menggunakan dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Teknik pengumpulan data: masalah belajar IPA dengan kuisioner, prestasi belajar IPA dengan tes belajar IPA. Hasil penelitian menunjukkan (1) melaluiteknik Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending dapat mengatasi permasalahan belajar siswa dalam mata pelajaran IPA; (2) melaluiteknik Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending dapat meningkatkan prestasi/hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.

Downloads

Published

2019-09-02

Issue

Section

Articles