PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Ni Ketut Patri SMP Negeri 2 Kubu

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v17i1.19838

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dalam pembelajaran IPS dengan metode problem solving. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode tes yang dilengkapi dengan instrumen berupa tes (soal) uraian. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan deskriptif statistik.Hasil pelaksanaan tindakan pada penelitian ini menunjukkan bahwapenerapanmetode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Pada refleksi awal nilai rata-rata siswa sebesar 69,85. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 74,42 dengan ketuntasan klasikal 66,67%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar82,11 dengan ketuntasan klasikal 87,21%. Dari hasil tersebut ada perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan metode problem solving. Dengan demikian, penerapan pembelajaran dengan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

Downloads

Published

2019-09-02

Issue

Section

Articles