PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IXE SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 KUBU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Ni Luh Suyantini Guru SMP Negeri 2 Kubu

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v17i1.19840

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IXE semester ganjil SMP Negeri 2 Kubu setelah diterapkannya model pembelajaran quantum teaching. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXE SMP Negeri 2 Kubu yang terdiri dari 40 orang siswa, 20 siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap Siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang di dalamnya terdiri atas perencanaan, tindakan, pemantauan, serta refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tulis pada setiap akhir siklus. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal iniditunjukkan dari nilai rata-rata hasil tes siklus I sebesar 67,88 dengan tingkat ketuntasan belajar 52,5% dan nilai rata-rata siklus II sebesar 82,25 dengan tingkat ketuntasan belajar 90%

Downloads

Published

2019-09-02

Issue

Section

Articles