MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHAREBERMEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19855Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan motivasi berprestasi dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Sharebermedia komik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI UPW A SMK Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Data motivasi berprestasi siswa diperoleh dengan menggunakan angket sedangkan data prestasi belajar Bahasa Inggris siswa diperoleh dengan menggunakan tes. Hasil analisis analisis menunjukkan: (1) motivasi berprestasi siswa meningkat dari skor rata-rata 67,53% pada siklus I menjadi 75,66% pada siklus II; (2) hasil belajar Bahasa Inggris siswa meningkat dari skor rata-rata 7,18 pada siklus I menjadi 7,61 pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Sharebermedia komik dalam pelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa dan hasil belajar. Beberapa saran-saran yang ditujukan kepada guru dan pemerintah juga dibahas.