KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERWAWASAN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IX SMP

Authors

  • Ni Ketut Sukasni

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v15i1.20180

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas hasil belajar dan mendeskripsikan respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran tipe jigsaw yang dikolaborasikan dengan pengembangan penemuan terbimbing berwawasan konstruktivisme. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 3 Semarapura semester I tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 orang siswa. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar dan angket. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan : (1) terjadi peningkatan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa dari siklus I dengan skor nilai rata-rata 3,47 yang berada pada kategori cukup, meningkat menjadi 4,41 yang berada pada kategori tinggi pada siklus II, (2) terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 78 pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 73,08 %, meningkat menjadi 89 dengan ketuntasan klasikal 96,15 % pada siklus II, (3) Respon siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan diperoleh skor nilai rata-rata kelas 62,97 dengan kategori sangat positif

Downloads

Published

2017-03-30

Issue

Section

Articles