PERENCANAAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMP WIDYA SAKTI DENPASAR

Authors

  • Ida Ayu Dewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v15i1.20181

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: perencanaan pembelajaran apresiasi sastra berbasis kearifan lokal di SMP Widya Sakti Denpasar. Untuk mencapai tujuan tersebut, dirancang penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pencatatan dokumentasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran apresiasi sastra berbasis kearifan lokal secara umum sudah mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal. Pada RPP kelas VII dan VIII pengintegrasian tampak pada materi, langkah inti, dan media pembelajaran. Pada RPP kelas IX pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal tampak pada bagian rumusan kompetensi dasar, indikator pembelajaran, tujuan, materi, kegiatan inti, pemilihan media, dan penilaian hasil pembelajaran. (2) Pada langkah inti perencanaan pembelajaran apresiasi sastra berbasis kearifan lokal sudah diintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal dalam semua tahapan pembelajaran. (3) Komponen evaluasi pada perencanaan pembelajaran apresiasi sastra berbasis kearifan lokal, sudah sejalan dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan.

Downloads

Published

2017-03-30

Issue

Section

Articles