MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA BERORIENTASI TRI KAYA PARISUDHA (STUDI REFLEKTIF MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CATUR ASRAMA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 ASTINA SINGARAJA

Authors

  • I Gusti Ayu Putu Sri Darmawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v15i1.20183

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PKn siswa berorientasi ranah Tri Kaya Parisudha melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif Catur Asrama. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) pada siswa kelas VI SD N 1 Astina. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam dua kali siklus tindakan pembelajaran PKn menggunakan strategi pembelajaran kooperatif siklus Catur Asrama dan penilaian secara autentik pada siswa kelas VI SD N 1 Astina ada peningkatan hasil belajar PKn siswa yang signifikan berorientasi ranah Tri Kaya Parisudha. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah perlu dikembangkan dan dikaji terus potensi penerapan strategi pembelajaran secara kooperatif siklus catur asrama guna meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada khususnya dan pembelajaran di kelas pada umumnya

Downloads

Published

2017-03-30

Issue

Section

Articles