PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK BERBANTUAN RESUME BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEMESTER 2 DI SD NEGERI 2 BUNGKULAN TAHUN PELAJARAN 2015–2016

Authors

  • Ni Luh Gede Dwijani

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v15i2.20190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  matematika pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Bungkulan melalui penerapan metode kerja kelompok berbantuan resume bahan ajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI  SD Negeri 2 Bungkulan  tahun pelajaran 2015-2016 sebanyak 26 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Dari 26 orang siswa ini dibagi menjadi 5 (lima) kelompok. Kelompok yang dibentuk adalah kelompok heterogen yang terdiri dari siswa yang memiliki kemampuan bervariasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi untuk mengetahui keaktifan siswa melaksanakan diskusi kelompok dan metode tes untuk data hasil belajar. Data yang terkumpul diolah dengan langkah mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil analisis data yang didapatkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan  yaitu pada siklus I sebesar 63,27% dalam  kategori rendah dan siklus II mencapai 70,19%  yang termasuk dalam kategori sedang.  Dilihat dari ketuntasan belajar siswa, sebelum tindakan dilakukan mencapai 42,03% mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 57,69 % dan pada siklus II mencapai 80,77 %

Downloads

Published

2017-09-30

Issue

Section

Articles