Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar kimia pebelajar kelas XI-MIA1 SMA Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan model siklus penelitian diadopsi dari model Kemmis & Taggart. Sebagai subyek penelitian adalah seluruh pebelajar kelas XI-MIA 1 semester ganjil SMANegeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi jumlah pertanyaan yang diajukan pebelajar yang telah disiapkan sebagai tugas rumah. Analisis data menggunakan deskriptif-kualitatif, yakni dengan mendeskripsikan jumlah rata-rata pebelajar yang bertanya pada setiap siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tugas membuat pertanyaan dirumah dapat meningkatkan keaktifan belajar kimia pebelajar di kelas. Keaktifan belajar kimia pebelajar ini dapat terlihat dari jumlahpebelajar yang bertanya di kelas. Jumlah pebelajar yang bertanya pada saat observasi awal sebelum dilakukan tindakan adalah sekitar 16,67%. Setelah diberikan tindakan, jumlah pebelajar yang bertanya pada siklus I adalah 41,67% sedangkan pada siklus II adalah 53,13%. Dengan demikian metode pemberian tugas rumah dalam bentuk membuat pertanyaan mampu meningkatkan keaktifan belajar di kelas.