PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MICROSOFT MATH TERHADAP HASIL BELAJAR ALJABAR LINIER DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMERIK DI STIMIK STIKOM INDONESIA

Authors

  • Ni Kadek Suyati STMIK STIKOM Indonesia
  • Ni Wayan Suardiati Putri STMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v15i2.20197

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  kooperatif team games tournament (TGT) berbantuan microsoft math terhadap hasil belajar aljabar linier ditinjau dari kemampuan numerik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian eksperimen group faktorial 2x2 yang dilaksanakan di  STMIK STIKOM Indonesia, dengan sampel jurusan teknik informatika sebanyak 95 mahasiswa pada semester genap yang diperoleh menggunakan simple random sampling. Data penelitian diperoleh dari skor tes kemampuan numerik dan tes hasil belajar matrik mahasiswa, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar aljabar linier dan interaksi antara mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif TGT berbantuan microsoft math dan konvensional, (Fhitung sebesar 5,316 (p<0.05)), menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara aljabar linier mahasiswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif TGT berbantuan microsoft math dan yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan numerik

Downloads

Published

2017-09-30

Issue

Section

Articles