MEDIA VISA DAN PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD PADA MATERI RENANG

Authors

  • I Made Siman Swardiyasa SDN 6 Karangasem

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v18i1.28382

Abstract

Permasalahan pembelajaran PJOK dalam materi pembelajaran renang adalah (1) terbatasnya sarpras kolam renang dan lokasinya cukup jauh dari Sekolah dan (2) di era global, transformasi, dan digitalisasi saat ini, siswa lebih antusias ketika diberikan materi melalui media pembelajaran video animasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 6 Karangasem, yang bertujuan untuk mengetahui media Visual Audio VISA dalam peningkatan motivasi belajar siswa pada materi renang. Rancangan penelitian menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan menggunakan kelas V sebagai subjek penelitian yang berjumlah 32 orang siswa, data dikumpulkan dengan instrumen pengumpul data (kuesioner) dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian mnunjukkan bahwa dari 32 orang siswa kelas 5, 29 orang atau 90,63% yang mampu menjawab minimal 7 pertanyaan dengan benar. Untuk gerakan I; kriteria sangat mampu 20 orang siswa, kriteria mampu 10 orang siswa, kriteria kurang mampu 1 orang, dan belum mampu 1 orang. Untuk gerakan II; kriteria sangat mampu 18 orang siswa, kriteria mampu 9 orang siswa, kriteria kurang mampu 3 orang siswa, dan belum mampu 2 orang siswa. Untuk gerakan III; kriteria sangat mampu 25 orang siswa, kriteria mampu 5 orang siswa, kriteria kurang mampu 1 orang siswa, dan belum mampu 1 orang siswa. Sedangkan untu gerakan IV; kriteria sangat mampu 5 orang, kriteria mampu 21 orang, kriteria kurang mampu 2 orang, dan kriteria belum mampu 4 orang.Visual Audio (VISA) dimaknai sebagai sesuatu yang bersifat dapat didengar dan dilihat;alat peraga yang dapat didengar dan dilihat: Belajar di sekolah akan lebih efektif jika dilengkapi dengan alat audiovisual.

References

Alwi, H. (2008). Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/

Alya, Q. (2008). Kamus Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Dasar. Bandung:

PT. Indahjaya Adipratama.

Sugono, D. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat.

Jakarta: PT. Gramedia.

Haryanta, A. T., & Sujiatmiko, E. (2012). Kamus Pendidikan Jasmani, Olahraga,

dan Kesehatan. Surakarta: Aksarra Sinergi Media.

Bastomi, M. R. (2018). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.

php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/22211 .

Media Visa Dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SD……. Made Siman Swardiyasa, S.Pd.

Riadi, M. (2013, April 23). Retrieved from https://www.kajianpustaka.com/

/04/motivasi-belajar.html.

Peter Sheal. (1989) .Kerucut Pengalaman Belajar.(online).

(http://www.scribd.com/ mobile/doc/83329921

Abdul K. (2014). Pengenalan Sistem Informasi.Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi

Difa Nuarisapta (2018). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Pendidikan

Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Menengah

Pertama se Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. Skripsi. UNY:

Yogyakarta

Downloads

Issue

Section

Articles