PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ika.v18i1.28384Abstract
Penelitian ini bertolak dari adanya masalah yang teridentifikasi pada pelajaran fisika di kelas X BKP3 SMK Negeri 1 Denpasar. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan tujuan meningkatkan aktivitas belajar, meningkatkan hasil belajar siswa, dan menganalisis respons siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X BKP3 SMK Negeri 1 Denpasar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Data dikumpulan melalui metode observasi, tes, dan angket dengan mengunakan instrument lembar observasi, tes, dan angket. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan skor rata-rata tes hasil belajar siswa dari 73,61 menjadi 80,6 dan ketuntasan klasikal dari 69,44% dengan katagori belum tuntas menjadi ketuntasan klasikal 100%, terjadi peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu dari 64,00 (cukup aktif) menjadi 84,05 (sangat aktif), dan respons siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT sebesar 57,60 (sangat positif). Tahapantahapan dalam pembelajaran kooperatif tipe TGTReferences
Anwar. 2004. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education). Bandung :
Alfa Beta.
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran
Yogyakarta : Arru Media.
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan
Menengah. 2013. Reposisi Pendidikan Kejuruan Menjelang 2020. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.
De Porter, Bobby. 2003. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan.
Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Jurnal IKA Vol. 18, No. 1, Maret 2020
ISSN 1829-5282
Jurnal IKA | 71
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games …………... I Wayan Mustika
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hidayat, Edi. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Sekolah (Pengaruh
Dari Faktor Kinerja Mengajar Guru Dan Pemanfaatan Sumber Belajar).
Jurnal Administrasi Pendidikan UPI Volume 21 No 1 Tahun 2014
Isjoni. 2010. Cooperative Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Bandung: Alfabeta.
Jufrida, Fibrika Rahmat Basuki, Miko Danu Pangestu, dan Nugroho Asmara Djati
Prasetya. 2019. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA
dan Literasi Sains di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Edufisika: Jurnal
Pendidikan Fisika, Volume 4 Nomor 2, Desember 2019. Junaedi, Eddy. 2019. Efektivitas Kebijakan Pendidikan Inklusif Di Tingkat
Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 2 No 26 Tahun
Kompas. 2003. Sarana Baru Pembelajaran di Sekolah: http : // www.
Kompas.com/kompas – cetak/0312/22/tekno/ 752981. Kompas. 2019. Skor PISA Terbaru Indonesia. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/04/13002801/skor-pisaterbaru-indonesia-ini-5-pr-besar-pendidikan-pada-era-nadiem- makarim?page=all
Mustika, I Wayan. 2008 Pengaruh Penggunaan Alat Ukur Besaran Pokok
Panjang dalam Pembelajaran Fisika terhadap Peningkatan Prestasi
Belajar Siswa Kelas I SMK Negeri 1 Denpasar. Laporan Penelitian
Tidak Diterbitkan: SMK Negeri 1 Denpasar
Rambe, Mardiyah, Aritonang. 2019. Development of Physics Teaching Materials
of Optical Devices Based on Learning Assisted Guided Inquiry Crossed
Puzzles. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 15 (2) (2019) 70-79
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Kecana.
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Denpasar. 2019. Pedoman Mutu SMK
Negeri 1 Denpasar. Denpasar: SMK Negeri 1 Denpasar.
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Denpasar. 2019. Pedoman Operasi
Standar (POS) SMK Negeri 1 Denpasar. Denpasar: SMK Negeri 1
Denpasar.
Jurnal IKA Vol. 18, No. 1, Maret 2020
ISSN 1829-5282
Jurnal IKA | 72
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games …………... I Wayan Mustika
Saifulloh, Zainul Muhibbin, dan Hermanto. 2012. Strategi Peningkatan Mutu
Pendidikan di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, Vol 5 No.2,
November 2012
Slavin, R. E. 2015. Cooperative Learning (Teori, Riset Dan Praktik" tersedia pada
https://Shopee.Co.Id/Cooperative-Learning-%28teori-Riset-Dan- Praktik%29-Original-Robert-E.-Slavin-I.20591501.758289113
Yolanda, Fani Yally.2016. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mutu
Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Sijunjung. Tesis
Tidak Diterbitkan. Universitas Andalas.