PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA

Authors

  • I Wayan Mustika SMK Negeri 1 Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v18i1.28384

Abstract

Penelitian ini bertolak dari adanya masalah yang teridentifikasi pada pelajaran fisika di kelas X BKP3 SMK Negeri 1 Denpasar. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan tujuan meningkatkan aktivitas belajar, meningkatkan hasil belajar siswa, dan menganalisis respons siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X BKP3 SMK Negeri 1 Denpasar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Data dikumpulan melalui metode observasi, tes, dan angket dengan mengunakan instrument lembar observasi, tes, dan angket. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan skor rata-rata tes hasil belajar siswa dari 73,61 menjadi 80,6 dan ketuntasan klasikal dari 69,44% dengan katagori belum tuntas menjadi ketuntasan klasikal 100%, terjadi peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu dari 64,00 (cukup aktif) menjadi 84,05 (sangat aktif), dan respons siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT sebesar 57,60 (sangat positif). Tahapantahapan dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT

References

Anwar. 2004. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education). Bandung :

Alfa Beta.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran

Yogyakarta : Arru Media.

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan

Menengah. 2013. Reposisi Pendidikan Kejuruan Menjelang 2020. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.

De Porter, Bobby. 2003. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan.

Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Jurnal IKA Vol. 18, No. 1, Maret 2020

ISSN 1829-5282

Jurnal IKA | 71

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games …………... I Wayan Mustika

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hidayat, Edi. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Sekolah (Pengaruh

Dari Faktor Kinerja Mengajar Guru Dan Pemanfaatan Sumber Belajar).

Jurnal Administrasi Pendidikan UPI Volume 21 No 1 Tahun 2014

Isjoni. 2010. Cooperative Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Bandung: Alfabeta.

Jufrida, Fibrika Rahmat Basuki, Miko Danu Pangestu, dan Nugroho Asmara Djati

Prasetya. 2019. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA

dan Literasi Sains di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Edufisika: Jurnal

Pendidikan Fisika, Volume 4 Nomor 2, Desember 2019. Junaedi, Eddy. 2019. Efektivitas Kebijakan Pendidikan Inklusif Di Tingkat

Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 2 No 26 Tahun

Kompas. 2003. Sarana Baru Pembelajaran di Sekolah: http : // www.

Kompas.com/kompas – cetak/0312/22/tekno/ 752981. Kompas. 2019. Skor PISA Terbaru Indonesia. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/04/13002801/skor-pisaterbaru-indonesia-ini-5-pr-besar-pendidikan-pada-era-nadiem- makarim?page=all

Mustika, I Wayan. 2008 Pengaruh Penggunaan Alat Ukur Besaran Pokok

Panjang dalam Pembelajaran Fisika terhadap Peningkatan Prestasi

Belajar Siswa Kelas I SMK Negeri 1 Denpasar. Laporan Penelitian

Tidak Diterbitkan: SMK Negeri 1 Denpasar

Rambe, Mardiyah, Aritonang. 2019. Development of Physics Teaching Materials

of Optical Devices Based on Learning Assisted Guided Inquiry Crossed

Puzzles. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 15 (2) (2019) 70-79

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kecana.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Denpasar. 2019. Pedoman Mutu SMK

Negeri 1 Denpasar. Denpasar: SMK Negeri 1 Denpasar.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Denpasar. 2019. Pedoman Operasi

Standar (POS) SMK Negeri 1 Denpasar. Denpasar: SMK Negeri 1

Denpasar.

Jurnal IKA Vol. 18, No. 1, Maret 2020

ISSN 1829-5282

Jurnal IKA | 72

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games …………... I Wayan Mustika

Saifulloh, Zainul Muhibbin, dan Hermanto. 2012. Strategi Peningkatan Mutu

Pendidikan di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, Vol 5 No.2,

November 2012

Slavin, R. E. 2015. Cooperative Learning (Teori, Riset Dan Praktik" tersedia pada

https://Shopee.Co.Id/Cooperative-Learning-%28teori-Riset-Dan- Praktik%29-Original-Robert-E.-Slavin-I.20591501.758289113

Yolanda, Fani Yally.2016. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mutu

Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Sijunjung. Tesis

Tidak Diterbitkan. Universitas Andalas.

Downloads

Issue

Section

Articles