IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA PUNGGUNG

Authors

  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Budaya Astra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Satyawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v18i1.28386

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar renang gaya punggung melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media video pada mahasiswa kelas IA Prodi Penjaskesrek FOK Undiksha tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas IA Prodi Penjaskesrek tahun akademik 2019/2020, yang berjumlah 24 orang (19 orang putra dan 5 orang putri). Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data siklus I ketuntasan hasil belajar mahasiswa secara klasikal adalah 75%, dan siklus II ketuntasan hasil belajar mahasiswa secara klasikal adalah 91,7%. Disimpulkan bahwa hasil belajar renang gaya punggung mahasiswa prodi penjaskesrek tahun akademik 2019/2020 meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media video. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media video, karena dapat meningkatkan hasil belajar.

References

Arsa wijaya. (2014) Implementasi Kooperatif Nht Meningkatkan Aktivitas Dan

Hasil Belajar Atletik Lompat Jauh Gaya Jongkok. Tersedia pada

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/12624 diakses

pada tanggal 25 Nopember 2019. Azhar Arsyad. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo

Trianto.2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Suyanto, dkk. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),

Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta:IKIP Yogyakarta.

Santyasa, I Wayan dan Sukadi. 2007. model- model Pembelajaran Inovatif.

Makalah Disajikan dalam Pelatihan Sertifikasi Guru bagi Para Guru SD

dan SMP di Provinsi Bali. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja

tanggal 23 Nopember 2019

Downloads

Issue

Section

Articles