KERJASAMA PERMAINAN KICK BALL PADA PEMBELAJARAN DIRECT DAN MOTORIK
DOI:
https://doi.org/10.23887/ika.v18i2.30058Abstract
Siswa sekolah dasar merupakan masa mengumpulkan keterampilan gerak dasar,
keterampilan dasar dan mempelajari teknik dasar.Keterampilan ini akhirnya
dipergunakan untuk bermain. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh
pengaruh model pembelajaran direct instructional dengan menggunakan
permainan kick ball dan mempertimbangkan ketermpilan motorik tinggi dan
rendah. Perbedaan keterampilan motorik menyebabkan perbedaan dalam
partisipasi dalam kegiatan bermain.Permainan yang aman untuk siswa sekolah
dasar adalah permainan jenis Field game. Desain penelitian eskperimen hanya
post test dengan 20 siswa dengan kemampua motorik tinggi dan 20 siswa motorik
rendah. Setiap kelompok diajar dengan model pembelajaran direct instructional.
Permainan kick ball modifikasi dipergunakan dalam penelitian ini. Instrument
penelitian dengan lembar observasi game performance tournament assessment
(GPAI). Data dianalisis dengan uji T sampel bebas. Hasil penelitian menerangkan
bahwa kemampuan motorik berpengaruh terhadap penguasaan kerjasama dalam
bermain. Siswa dengan kemampuan motorik tinggi lebih baik dibandingkan
dengan siswa yang motorik rendah.