IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU PESERTA DIDIK KELAS V SD N 4 PADANGKERTA

Authors

  • Dewi Sumaeda Sumaeda SD Negeri 4 Padangkerta, Amlapura

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v18i2.30059

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PJOK materi tolak peluru melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 4 Padang kerta tahun pelajaran 2019/2020. Data hasil belajar Tolak Peluru peserta didik diperoleh dengan menggunakan tes unjuk kerja. Hasil analisis analisis menunjukkan: (1) Aktivitas peserta didikmeningkatdariskor rata-rata 10,15 pada siklus I menjadi 10,26 pada siklus II; (2) hasil belajar tolak peluru peserta didik meningkat dari ketuntasan klasikal 94,73% pada siklus I menjadi 97,37% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran PJOK materi tolak peluru dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Disarankan kepada guru PJOK agar menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT pada materi tolak peluru untuk peserta didik kelas V sekolah dasar.

Downloads

Published

2020-09-15

Issue

Section

Articles