Pengembangan Modul Pembelajaran PJOK Tematik Terintegratif (Sub tema : Tubuhku) Untuk Peserta Didik Kelas 1 SD Di Kecamatan Buleleng

Authors

  • K.A.K Agung Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.K.B. Astra Universitas Pendidikan Ganesha
  • N.P.D.S. Dartini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v19i1.30733

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembebelajaran tematik PJOK tema diriku pada peserta didik kelas 1 SD di Kecamatan Buleleng. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan modul pembelajaran tematik PJOK menggunakan model Borg & Gall sampai tahap ke 5 Langkah validasi modul pembelajaran tematik PJOK mengadopsi  model Borg & Gall yaitu: uji lapangan persiapan dan peneliti menambahkan uji ahli isi dan uji ahli media agar penelitian lebih signifikan.Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi modul pembelajaran PJOK ditinjau dari uji ahli isi adalah sangat baik dengan presentase 92,94%. Ahli media berada pada kualifikasi baik dengan presentase 90%. Hasil uji lapangan persiapan berada pada kualifikasi sangat baik dengan presentase 95,35%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa modul pembelajaran tematik PJOK tema diriku pada kelas 1 SD di Kecamatan Buleleng layak digunakan. Disarankan lagi peneliti lain dapat melanjutkan eksperimen ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tematik PJOK.  

 

Kata kunci: Pembelajaran Tematik, PJOK, Model Borg & Gall

Author Biography

K.A.K Agung, Universitas Pendidikan Ganesha

saya mengambil jurusan pendidikan olahraga karena saya sangat suka berolahraga, bukan itu saja alasan saya mengambil jurusan ini tetapi saya juga ingin mengembangkan bakat saya dibidang olahraga, karena fasilitas yang ada disana sangatlah bagus dan sudah standar internasional.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles