Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar PMKR Siswa SMK

Authors

  • I.W. Widayana SMK Negeri 3 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v19i1.31731

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan meningkatan hasil belajar PMKR (Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan)   setelah diimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games Tournament (TGT pada siswa kelas XII TKRO 3  SMK Negeri 3 Singaraja Subjek penelitian ini siswa kelas XII TKRO3 SMKN 3 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020. Hasil belajar  PMKR  dikumpulkan dengan metode tes tulis untuk capaian kompetensi pengetahuan, capaian kompetensi keterampilan dikumpulkan dengan test praktik, dan keaktifan siswa dikumpulkan dengan lembar observasi dan analisisnya menggunakan criterion refrenced test (PAP). Hasil penelitian menunjukkan1)Pada capaian kompetensi pengetahuan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kategori cukup  menjadi baik. 2) Pada capaian kompetensi keterampilan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kategori baik  menjadi sangat baik. 3) Pada capaian kompetensi sikap terjadi peningkatan dari kategori cukup aktif menjadi sangat aktif. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada capaian kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa.

Kata Kunci: TGT (Teams-Games Tournament); hasil belajar; PMKR.


Author Biography

I.W. Widayana, SMK Negeri 3 Singaraja

Mulai bekerja di SMK Negeri 3 Singaraja tanggal 1 Desember 1995 pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan sampai sekarang.

References

Arikunto. 2005. Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Astuti, Ni Putu Eka Yuni. 2011. Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Pembelajaran Langsung (Direct Instruction/DI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PKn Kelas VIII di SMP 6 Singaraja Tahun 2011. Singaraja: Undiksha. Tersedia pada https://ejurnal.undiksha.ac.id.

Dewi Siswanti Putri, Mawardi 2017. The Application Of Teams-Games-Tournament (TGT) To Increase Students’ Activeness and Learning Outcomes. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/11652

Hartanto, Yoko dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Untuk Meningkatkan Keterampilan Teknik Passing Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas X Teknik Informatika SMK Negeri 8 Bengkulu Utara. Bengkulu Utara. SMK Negeri 8 Bengkulu Utara. Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/335155242

Muldayanti, N.D.2013. Pembelajaran Biologi Model STADdan TGT Ditinjau Dari Keingintahuan Dan Minat Belajar Siswa. Tersedia pada https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2504

Mustika, I Wayan. 2020.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TeamsGames Tournament (TGT) Dalam Upaya MeningkatkanAktivitas dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal IKA Vol. 18, No. 1, Maret 2020

Peraturan Menteri (Permen) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah

Putro, Ely Prihmono Suwarso. 2007. “Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Melalui Metode Team Game Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas XII IS 3SMA Kristen 1 Surakarta”. Tersedia pada http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/download/4429/2868

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media

Suarjana. 2000. Model Pembelajaran Teams Games Tournaments ( TGT ). Tersedia pada https://ekocin.wordpress.com/2011/06/17/model-pembelajaran-teams-games-tournaments-tgt-2/

Sugiata, I Wayan (2018) Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/article/view/16618

Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktikya, Jakarta: Bumi Aksara.

Taniredja, Tukiran, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta

Widoyoko, Eko Putro. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles