BLENDED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENGATASI LEARNING LOST DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • I Wayan Ekayogi Sekolah Dasar Negeri 5 Sebatu

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v21i1.44630

Keywords:

blended learning, learning loss, sekolah dasar

Abstract

Blended learning merupakan model pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan teknologi yang relevan dengan pembelajaran masa covid-19. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran blended learning dan pengaruhnya terhadap siswa sekolah dasar sebagai upaya mengatasi risiko learning loss. Metode yang digunakan adalah systematic literature review (SLR). Peneliti melakukan reduksi artikel yang dikumpulkan agar sesuai dengan topik yang dimuat pada artikel ini. Reduksi yang dilakukan peneliti adalah memilih artikel dengan beberapa kriteria sehingga didapatkan 21 artikel. Artikel yang terkumpul adalah 6 artikel internasional dan 15 artikel nasional. Langkah selanjutnya peneliti melakukan review artikel yang telah dikumpulkan serta direduksi sesuai kriteria yang ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran blended learning dapat diterapkan di sekolah dasar sebagai salah satu upaya untuk mengatasi risiko kehilangan pembelajaran (learning loss).

References

Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam Volume, 7(1), 855–856.

Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono, R. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165. https://doi.org/10.21009/JTP.V20I2.8629

Dalimunthe, N. (2021). Penerapan Blended Learning sebagai Alternative Model Merdeka Belajar di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kelas V di SDN 200311 Padangsidimpuan. Jurnal ESTUPRO, 6(1), 36–44. https://www.jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/article/view/670

Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2021). Learning loss during Covid-19: An early systematic review. Prospects, 1–11. https://doi.org/10.1007/s11125-021-09582-6

Harahap, L. A. (2019). Konsep Pembelajaran Blended Learning Di Sekolah Dasar: Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Desa Terpencil. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 3(3), 940–944.

Hazmi, H. Y., Tahir, M., & Turmuzi, M. (2021). Implementasi Blended Learning Pada Proses Pembelajaran 4 . 0 Dalam Rangka Meningkatkan Literasi Digital Peserta Didik Implementation of Blended Learning in Learning Process 4 . 0 in Improving Digital Literation of Class 5 Students of Sdn 5. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 109–115.

Islami, A. N., Afiani, K. D. A., & Putra, D. A. (2021). Penerapan Model Blended Learning Berbantuan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Bangun Ruang Siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 68–80. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/848

Kaffenberger, M. (2021). Modelling the long-run learning impact of the Covid-19 learning shock: Actions to (more than) mitigate loss. International Journal of Educational Development, 81(October 2020), 102326. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2020.102326

Kashyap, A. M., Sailaja, S., Venkata, K., Srinivas, R., Suryanarayana, S., & 4#, R. (2021). Challenges in online teaching amidst covid crisis: Impact on engineering educators of different levels. Ischolar.Info, 34, 2394–1707. http://ischolar.info/index.php/JEETRIT/article/view/205957

Lestari, H. (2020). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Blog. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 597–604. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.769

Li, A., Harries, M., & Ross, L. F. (2020). Reopening K-12 Schools in the Era of Coronavirus Disease 2019: Review of State-Level Guidance Addressing Equity Concerns. Journal of Pediatrics, 227, 38-44.e7. https://doi.org/10.1016/J.JPEDS.2020.08.069

Masterman, C. (2020). Stay-at-Home Orders and COVID-19 Fatalities. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/SSRN.3600905

Nahdliyatin, I., & Winata, A. (2021). Penerapan Blended Learning Pada Pelajaran Matematika Dengan Media Live Worksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pengolahan Data Kelas V di MIM 14 Pambon. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masayarakat (SNasPPM), 6(1), 591–597.

Prescott, J. E., Bundschuh, K., Kazakoff, E. R., Elise, J., Bundschuh, K., & Kazakoff, E. R. (2018). Elementary school – wide implementation of a blended learning program for reading intervention. The Journal of Educational Research, 111(4), 497–506. https://doi.org/10.1080/00220671.2017.1302914

Purwadhi, P. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16968

Rohana. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning pada Masa Pademi Covid-19 dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Tema 5 Subtema Pengalaman Masa Kecil di Kelas I-B SD Negeri 2 Labuhan Sumbawa Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kependidikan, 5(2), 8–15.

Rombot, O. (2020). Improving Reading Comprehension Skills of International Elementary School Students through Blended Learning. Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 56–68.

Roshonah, A. F., Sutihat, & Alam, A. (2020). Penerapan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika di SDN Pisangan 01. Seminar Nasional Penelitian 2020, 1–10.

Shelawati, V. G., Hastuti, W. S., & Setyaningsih, E. (2023). Penerapan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Sagan Yogyakarta Tahun Ajaran 2020 / 2021. Journal of Education Research, 5(1), 159–166.

Simandalahi, L., Silaban, P. J., & Sinaga, R. (2021). The Effect of Blended Learning Model on Students’ Learning Outcomes on The Theme of “Lingkungan Sahabat Kita” at Grade V SD. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran, 5(5), 1267–1277.

Widyaningsih, Octaviany; Banindra, Yudha Chrisnaji; Cahyani, N. D. (2020). Pengembangan Model Blended Learning Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 143–156. https://doi.org/10.21009/JPD.0102.15

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles