PENERAPAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL DENGAN SISTEM DALAM JARINGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Authors

  • Pande Putu Ernawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Nyoman Yudi Hartawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gst. Ayu Mahayukti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v21i1.47963

Keywords:

pembelajaran berorientasi kearifan lokal, sistem dalam jaringan, prestasi belajar matematika

Abstract

Penerapan pembelajaran berorientasi kearifan lokal dalam proses pembelajaran matematika merupakan usaha sadar yang terencana melalui penggalian dan pemanfaatan potensi daerah setempat secara aktif dalam upaya mewujudkan suasana belajar dalam proses pembelajaran, agar peserta didik aktif dalam mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki keahlian, pengetahuan, dan sikap dalam upaya ikut seta membangun bangsa dan negara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan potensi belajar matematika siswa melalui penerapan pembelajaran berorientasi kearifan lokal dengan sistem dalam jaringan di kelas VIII F SMP Negeri 5 Singaraja. Tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 34 siswa, Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes prestasi belajar matematika siswa berbentuk tes uraian dan non tes berupa angket tanggapan siswa untuk mengetahui tanggapan siswa. Pada siklus I, rata-rata skor prestasi matematika sebesar 52,8 dengan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 20,6%, lalu pada siklus II rata-rata skor prestasi belajar matematika meningkat menjadi 68,04 dengan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 44,1%, dan pada siklus III rata-rata skor prestasi belajar matematika meningkat menjadi 75,82 dengan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 82,4%. Dari pelaksanaan dengan 3 siklus didapatkan hasil bahwa model pembelajaran kearifan lokal dengan sistem dalam jaringan mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dan siswa menanggapi positif proses pembelajaran dengan menerapkan model ini.

References

Budarsini,Intan. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Tersedia pada : http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/278/271. (Di akses tanggal : 3 Mei 2022).

Desak Putu Kartiwi. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021. Tersedia pada : https://zenodo.org/record/4661880. (Di akses pada tanggal : 15 Mei 2022).

Dimyanti, & Mudjiyono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, A. R. (2019). Menjawab Tantangan Era Industry 4 . 0 dengan Menjadi Wirausahawan di Bidang Pendidikan Matematika. 2(November 2015).

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model Pemebelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara

Jamal Ma’’mur Asmani. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Diva Press.

Muhibbin, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Parwati, N. N. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN SMP DI KOTA SINGARAJA. 4(2), 612–622.

Rajib, S. & Noralene, U.2008. Kearifan Lokal dan Pengurangan Resiko Bencana. Regional Program Officer UN ISDR Asia dan Pacific.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhin. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suherman, E., dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: JICA.

Triantono. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.

Winda Wulan Dari. (2021). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Metode Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa VIII SMP Adabiah Padang. Tersedia pada : http://103.98.176.9/index.php/aksioma/article/view/8345. (Di Akses Pada Tanggal 25 April 2022).

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles