PROSES KREATIF BALI EKSPERIMENTAL TEATER SERTA RELEVANSINYA TERHDAP PEMBELAJARAN DRAMA

Authors

  • Komang Dinda Ayu Kristyana Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Sutama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Artika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v21i1.48055

Keywords:

drama, bali eksperimental teater, proses kreatif, pembelajaran drama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kreatif yang dilakukan oleh Bali Eksperimental Teater (BET) dan relevansi proses kreatif Bali Eksperimental Teater terhadap pembelajaran drama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan proses kreatif dan relevansi proses kreatif Bali Eksperimental Teater dalam pembelajaran drama. Penelitian ini berfokus pada proses kreatif Bali Eksperimental Teater dan bagaimana proses tersebut berhubungan dengan pengajaran drama. Metode pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses kreatif BET mencakup empat tahap yaitu (1) mempersiapkan naskah dan bagan pementasan, (2) memilih pemain atau aktor, (3) proses latihan, (4) membuat bentuk pementasan (perpaduan antara instalasi, gerak, dan suara, serta pemeristiwaan).  Relevansi proses kreatif BET dapat dilihat pada: (1) ketercapaian pembelajaran KD drama; (2) melatih siswa dalam teknik dasar drama; (3) pelatihan yang dilakukan di luar jam sekolah; dan (4) pembentukan watak dan sikap, penumbuhan kreativitas, dan peningkatan wawasan seni teater.

References

Amril, Ulil & Damaianti, V. . (2016). Pengaruh Penggunaan Teknik Bermain Drama melalui Teater Tradisional Randai berbasis Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Aprisiasi Drama. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(8), 186–197.

Desi, N. K., Astika, I. M., & Sudiana, I. N. (2017). Dramawan Putu Satria Kusuma dan kontribusinya terhadap perkembangan teater ilalang SMA Lab Undiksha Singaraja. Urnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2). https://doi.org/doi:https://doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.11571

Dewanto, B., & Rosa, H. (2019). Proses kreatif yustiansyah lesmana dalam penciptaan pertunjukan Jakarta karikatur. Arkhais Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/arkhais/article/view/11458

Jjarrah, H. Y. (2019). The Impact of Using Drama in Education on Life Skills and Reflective Thinking. IJET (International Journal of Emerging Technologies in Learning), 9(14). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v14i09.7978

Karagianni, Agni & Papadopoulos, S. (2019). Muesum Experience through Inquiry Drama. Drama Research: International Journal of Drama in Education Museum Experience through Inquiry Drama, 1(7), 1–24.

Mahendra, P., Gunatama, G., & Suandi, I. N. (2019). Strategi dan proses kreatif produksi pementasan drama dalam pembelajaran drama kelas XI SMA Negeri Bali Mandara. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2). https://doi.org/doi:https://doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.14514

Marantika, J. (2014). Drama Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Tahuri, 2(11), 91–102.

Mariani, N. P. E., Wendra, I. W., & Yasa, I. N. (2019). Model kooperatif tipe stad dalam pembelajaran menulis fabel di kelas VII SMP Negeri 2 Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2).

Periawan, I. K., Gunatama, G., & Suandi, I. N. (2017). Pembinaan dan Proses Kreatif Penciptaan Musikalisasi Pusisi oleh Teater Solagracia SMAN 1 Negara. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/12027

Pratiwi, Y., & Siswiyanti, F. (2014). Teori drama dan pembelajarannya. Yogyakarta Penerbit Ombak.

Putra, I. N. (2011). Mungkinkah menganggap akhir abad ke-20 sastra bali memasuki sebuah era keemasan? Jurnal Kajian Bali, 1(2), 159–185. https://ojs.unud.ac.id/index.php/kajianbali/article/download/15620/10413/

Putra, I. N. (2013). Perkembangan teater di Bali melalui sosok dramawan Abu Bakar. Jurnal Kajian Bali, 3(1), 159–190. https://ojs.unud.ac.id/index.php/kajianbali/article/download/15700/10482

Royana, L.F., Harfiandi & mahmud, T. (2021). Analisis pembelajaran bahasa indonesia pada materi teks drama untuk siswa kelas XI mipa 6 SMAN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(2).

Sari, Septa Mila; Nugroho, Agung ; Murti, S. (2021). Modul Mengidentivikasi Unsur Drama berbasis Kearifan Lokal (Pengembangan Bahan Ajar Sastra Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Musi Rawas). Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat Dan Karya Ilmiah Linggau, 1(2), 56-72.

Sumahardika, I. W., Artika, I. W., & Indriani, M. S. (2015). Eksistensi teater ilalang dalamm rangka mewadahi kegiatan apresiasi sastra menulis puisi di SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1).

Wahid, F. (2017). Proses kreatif berteater pada mahasiswa dan nilai karakter yang terbangun di dalamnya. Jurnal Membaca Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jurnalmembaca/article/view/2706

Wiarsih, C. (2017). Upaya meningkatkan kreativias dan kemampuan mengapresiasi drama melalui pementasan drama. Khazanah Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.30595/jkp.v10i2.1518

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles