ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA SPLDV MENURUT TAHAPAN KASTOLAN BERDASARKAN KECEMASAN MATEMATIKA

Authors

  • Ida Ayu Indah Pradnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Mahayukti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Sri Mertasari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v21i1.48331

Keywords:

analisis kesalahan kastolan, soal cerita SPLDV, kecemasan matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menjawab soal cerita pada materi SPLDV menurut tahapan kastolan berdasarkan tingkat kecemasan matematikanya, mencari penyebab kesalahan serta solusi yang mungkin diberikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek 9 orang siswa kelas IX SMPN 2 Mengwi. Instrumen yang digunakan yakni hasil tes, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan jika (1) siswa dengan tingkat kecemasan ringan melakukan kesalahan prosedural dan konseptual, (2) siswa dengan tingkat kecemasan sedang melakukan kesalahan prosedural, konseptual dan teknikal, serta (3) siswa dengan tingkat kecemasan berat melakukan kesalahan prosedural, konseptual dan teknikal. (1) Kesalahan prosedural terjadi karena siswa jarang menjawab soal cerita dengan lengkap dan tidak memahami soal, (2) kesalahan konseptual terjadi karena siswa tidak memahami konsep SPLDV dan metode penyelesaiannya serta tidak mencantumkan langkah yang sesuai, dan (3) kesalahan teknikal terjadi karena siswa tidak teliti. Solusi yang dapat diberikan adalah (1) perbanyak latihan menjawab soal cerita, (2) memberikan penilaian yang objektif, (3) membuat kelompok belajar yang kooperatif, dan (4) mengingatkan siswa untuk memeriksa kembali jawabannya.

References

Amir, Zubaidah. 2015. “Mengungkap Seni Bermatematika Dalam Pembelajaran”. Suska Journal of Mathematics Education, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 60-76).

Hakim, Iqbal Dzikri, dkk. 2021. “Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Berdasarkan Tahapan Kastolan”. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Volume 6, Nomor 1 (hlm. 70-87).

Hanifah, Erni Hikmatul. 2011. Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Metode Analasis Kesalahan Newman (Studi Kasus SMP Bina Bangsa Surabaya). Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Kamarullah. 2017. “Pendidikan Matematika di Sekolah Kita”. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 21-32).

RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Sokolowski, H. Moriah dan Daniel Ansari. 2017. “Who Is Afraid of Math? What is Math Anxiety?And What Can You Do about It?”. Tersedia pada https://kids.frontiersin.org/articles/10.3389/frym.2017.00057 (diakses 21 Oktober 2021).

Sugiatno, dkk. 2017. “Tingkat dan Faktor Kecemasan Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/217220-tingkat-dan-faktor-kecemasan-matematika.pdf (diakses tanggal 30 September 2021).

Wicaksono, Arief Budi. 2013. Mengelola Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY 9 November 2013.

Widyantari, Fajar Pramesti. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga. Jurnal. Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles