MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL CATUR ASRAMA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 ASTINA

Authors

  • I Gusti Ayu Putu Sri Dharmawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v14i1.8334

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 1 Astina Singaraja dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif siklus Catur Asrama. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD N 1 Astina. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa yang signifikan dalam domain pengetahuan konseptual, penghayatan nilai-nilai dan sikap sosial, serta keterampilan sosial siswa dalam komunikasi/presentasi. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah perlu dikembangkan dan dikaji terus potensi penerapan strategi pembelajaran secara kooperatif siklus catur asrama guna meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada khususnya dan pembelajaran di kelas pada umumnya.

Kata-kata kunci: Pembelajaran kooperatif, Catur Asrama, dan hasil belajar IPS.

Published

2016-03-01

Issue

Section

Articles